Peristiwa

Terkait Korupsi di Disporasu, Pekan Ini Polda Sumut Akan Gelar Perkara Penetapan Tersangka


Terkait Korupsi di Disporasu, Pekan Ini Polda Sumut Akan Gelar Perkara Penetapan Tersangka
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Subdit III/Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut dalam pekan ini akan melakukan gelar perkara untuk tahapan penetapan tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Disporasu.
 
"Pekan ini, kita lakukan gelar perkara kasus Disporasu itu," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana kepada wartawan, Selasa (11/06/2019).
 
Lebih jauh Rony mengungkapkan, gelar perkara itu dilakukan penyidik sambil menunggu proses penghitungan kerugian negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumut. Selanjutnya, penyidik baru akan menetapkan tersangka."Gelar perkara itu dilakukan penyidik sambil menunggu audit pihak BPKP," terangnya.
 
Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menambahkan, gelar perkara dilakukan penyidik untuk menentukan kasus, apakah dilanjutkan atau dihentikan. Namun kata dia, jika kasusnya sudah tahap penyidikan, gelar perkara dilakukan untuk penetapan tersangka."Kalau kasus yang ditangani sudah pada tahap penyidikan, berarti gelar perkara itu dilakukan untuk penetapan tersangka," ungkap MP Nainggolan.
 
Dalam kasus ini, Penyidik Polda Sumut telah memintai keterangan 20 orang saksi, termasuk Kadispora Propsu, Baharudin Siagian, sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Rabu (13/02/2019) lalu.
 
Dugaan kasus korupsi ini terkait proyek renovasi Lintasan Sircuit Tartan Atletik PPLP Propsu TA 2017 dengan pagu anggaran Rp 4.797.700.000, berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumut nomor: 188.44/10/KPTS/2017 tanggal 9 Januari 2017. Sebagai penyedia untuk pekerjaan proyek tersebut adalah PT Rian Makmur Jaya yang beralamat di Jalan M Saleh Zainuddin, No.240, Gabek, Pangkal Pinang.(BS04)
 

Tag:DisporasuKPKKorupsiKorupsi DisporasuPoldasu