Sabtu, 18 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Terkait Demo Anarkis di DPRD Sumut, Kapoldasu Lakukan Pertemuan dengan Para Rektor, Tangguhkan 40 Mahasiswa

Terkait Demo Anarkis di DPRD Sumut, Kapoldasu Lakukan Pertemuan dengan Para Rektor, Tangguhkan 40 Mahasiswa

Jumat, 27 September 2019 21:50:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Kapoldasu Irjen Pol Drs Agus Andrianto MH melakukan pertemuan dengan para Rektor berbagai universitas di Sumatera Utara (Sumut) yang berlangsung di Mapolrestabes Medan, Jumat (27/09/2019) malam. Dalam pertemuan tersebut, Kapoldasu memberikan penangguhan kepada 40 mahasiswa dari berbagai universitas yang terlibat demo anarkis di DPRD Sumut. 
 
Para Rektor yang hadir yakni Rektor Unimed Dr Samsul Gultom, UIN diwakili Wakil Rektor III Amroeni Drajat, UMA diwakili Muazul, Rektor UMSU Dr Agussani bersama Ka Prodi S2 Hukum DR Triono, mewakili Humas Universitas Panca Budi Robi dan Wakil Rektor I Bakti, Rektor Potensi Utama, Rektor Triguna Darma dan Wakil Rektor I USU Ros.
 
Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumut menjelaskan, kejadian demo anarkis pada Selasa (24/9/2019) di DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan."Ada 56 mahasiswa yang ditangkap, satu di antaranya termasuk dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) sebagai jaringan teroris dan sudah diserahkan ke Densus 88 Mabes Polri. Sedangkan 55 mahasiswa yang diproses, sebanyak 15 orang dipulangkan. Sedangkan 40 mahasiswa yang sempat ditahan kemudian dilakukan penangguhan penahanan.Terkait dengan RUU, tiga RUU sudah disahkan menjadi undang-undang. Artinya, mekanisme hukum silahkan ditempuh," papar Kapoldasu.
 
Lebih jauh Kapoldasu mengungkapkan, mengingat sebentar lagi akan dilaksanakannya ujian tengah semester, pihak kepolisian dengan para Rektor sepakat, bahwa bagi mahasiswa yang dilakukan penahanan agar diberikan penangguhan supaya mereka bisa mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian.Selanjutnya, secara perkembangan waktu nanti mudah-mudahan pertimbangkan untuk menggentikan permasalahan (demo) itu sepanjang para mahasiswa bisa menahan diri agar situasi kamtibmas yang kondusif kembali terjaga dan dijaga bersama-sama.
 
"Apa yang nanti diperjuangkan kalau adik-adik mahasiswa nanti dijadikan alat atau diperalat demi kepentingan orang tertentu. Maka dari itu saya bersama para Rektor mengajak untuk colling down supaya kegiatan belajar mengajar mereka tidak terganggu, kemudian kami (polisi) juga banyak agenda-agenda nasional maupun lokal dengan masyarakat. Untuk itu marilah kita menjadi kondusiditas di wilayah Sumut," jelasnya.
 
Dikatakannya, pihaknya memberikan peluang ini kepada para Rektor, namun tidak bagi mahasiswa agar kewibawaan kampus tetap terjaga dan dihargai mahasiswa yang kuliah di sana."Kalau tidak ada jaminan kami juga tidak akan berikan penangguhan terhadap ke 40 mahasiswa tersebut. Kita juga masih mencari siapa sih yang menggerakkan? Siapa sih yang bermain di belakang ini semua? Masih kita selidiki.Apalagi sampai membawa siswa SMA, ini apa ini? Kok tega sekali. Mau jadi apa anak-anak ini," sambungnya.
 
Kapoldasu juga meminta peran aktif orang tua serta peran media dalam mendinginkan suasana karena merupakan tanggung jawab semuanya menjaga kondusifitas Sumatera Utara."Jangan sampai ada orang yang mengambil manfaat dari adik-adik kita ini karena dampaknya bukan hanya merugikan diri sendiri melainkan masyarakat banyak," terangnya. 
 
Pihak kepolisian, kata Kapoldasu, khususnya Poldasu akan mensosialisasikan ke sekolah-sekolah tentang Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang nantinya sangat dibutuhkan dalam melamar pekerjaan."SKCK itu sebagai salah satu pertimbangan dalam melamar kerja dan itu kan menampilkan catatan seseorang pernah tercatat sebagai pelaku kriminal atau tidak. Saya juga berharap kepada para orang tua memberikan perhatian lebih kepada putra-putrinya guna mendidik dan menyikapi kebijakan yang lebih baik," tegasnya.
 
Sementara itu, Rektor Unimed Dr Samsul Gultom mengatakan, para Rektor univeristas negeri dan swasta sudah menggelar rapat bersama Kapoldasu bahwa telah menegaskan beberapa mahasiswa yang ditahan."Pak Kapolda mengatakan bahwa akan dilakukan penangguhan penahanan terhadap para mahasiswa. Tentunya kita juga berharap adik-adik mahasiswa menyampaikan aspirasi agat menjaga ketertiban," jelasnya.
 
Dirinya juga mengimbau terkait dengan rancangan undang-undang (RUU) di KPK alangkah baiknya masalah ini dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK)."Itu himbauan kita paling tepat dibawa ke MK. Kalau pun turun sebaiknya menyampaikan aspirasi itu sesuai dengan aturan yang berlaku," tambahnya 
 
Selanjutnya, Wakil Rektor 1 USU, Ros mengatakan, bahwa pihaknya juga sudah membahas permasalahan ini kepada Kapoldasu."Saya juga sudah berkoordinasi dengan pihak kampus dan presiden mahasiswanya, kita minta anak-anak ataupun adik-adik kita bisa menahan diri dan menjaga kondsufitas di Sumut, itu penegasan dan himbauan saya kepada anak-anak mahasiswa," pungkasnya seraya meminta kepada para mahasiswa agar jangan lagi menimbulkan kegaduhan dan menyampaikan prosedur sesuai prosedur yang ada.(BS04)
 
T#g:DPRDDPRD SumutDemoMahasiswaPoldasuPolisiRektor
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Kunker ke Pemko Medan, Ini Pesan Komisi A DPRD Semarang

    Beritasumut.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Asisten Administrasi Umum, Renward Parapat, menerima kunj

  • 4 hari lalu

    Komplotan Curanmor di Jermal VII Medan Ditangkap Polisi, Satu Ditembak, Dua Lainnya DPO

    Beritasumut.com-Unit Ranmor Reskrim Polrestabes Medan kembali menembak seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor dengan pemberatan (curat). Tersa

  • 4 hari lalu

    Polisi Dilarang Gendut, Kapolda Sumut Ajak Seluruh Personil Berolahraga dan Jalani Program Diet

    Beritasumut.com–Peduli akan kesehatan, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi meminta seluruh personil Mapolda Sumut maupun jajaran

  • 4 hari lalu

    Anggota DPRD Langkat Sampaikan Hasil Reses Masa Sidang 1 Tahun

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin menghadiri rapat paripurna DPRD Langkat, di Gedung DRP

  • 5 hari lalu

    Personil Brimob Poldasu Meninggal Dunia, Kapolda Sumut Martuani Sormin Datang Melayat

    Beritasumut.com–Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi, Pju Polda Sumut, bersama personil Brimob Polda Sumut datang melaya

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.