Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Tekab Unit Buncil Polda Sumut Tangkap Tiga Pembunuh Hamonangan

Tekab Unit Buncil Polda Sumut Tangkap Tiga Pembunuh Hamonangan

Senin, 25 Juli 2016 21:34:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ist
Polda Sumut

Beritasumut.com-Tiga pelaku pembunuhan Paulus Hamonangan Sipangkar (24), di Kampung Karo, Tanah Garapan Selambo, Kecamatan Percut Seituan, pada 22 Juli 2016 lalu diringkus oleh Tim Komando Anti Bandit (Tekab) unit Bunuh Culik (Buncil) Polda Sumut.

Ketiga tersangka itu yakni, Martin Agustinus Hutagaol (23), warga Jalan Jermal XV, Kecamatan Medan Denai, Julius Sitanggang (27), warga Tanah Garapan, Selambu, Kecamatan Percut Seituan dan Niko Manalu (16), warga Jalan Keramat Kuda, Tanah Garapan, Kecamatan Percut Seituan.

Kasubdit III/Jahtanras Polda Sumut, AKBP Faisal Napitupulu mengatakan ketiga tersangka ditangkap dari lokasi yang berbeda.“Julius Sitanggang ditangkap saat berada di rumah mertuanya, Jalan Kapodang, Perumnas Mandala, Minggu (24/07/2016), sekitar jam 17.30 WIB. Kemudian Niko Manalu ditangkap saat asyik minum tuak di sebuah warung milik marga Hutasoit di lokasi tanah garapan, Kecamatan Percut Seituan, Senin (25/07/2016) dinihari, sekitar jam 03.30 WIB, sedangkan Martin sudah ditangkap terlebih dahulu dari rumahnya,” sebutnya, Senin (25/07/2016).

Dari ketiganya, polisi kemudian menyita satu uni mobil Daihatsu Xenia warna Silver dengan Nomor Polisi (Nopol) BK 1434 JV, satu unit audio power milik korban dan satu kemeja milik pelaku yang digunakan saat menghabisi nyawa korban.“Hingga saat ini ketiga pelaku masih dalam pemeriksaan secara intenif. Kemungkinan adanya pengembangan untuk mencari pelaku lain masih ada, atau setidaknya jaringan para pelaku yang diduga terlibat dalam kasus ini,” ujarnya.

Menurut Faisal, meski ketiganya tergolong pembunuh sadis, namun saat penyergapan ketiganya tidak ada yang melakukan perlawanan. Sedangkan, dari hasil pemeriksaan sementara diduga pelaku nekat menghabisi nyawa korban karena sakit hati.“Wajah pelakunya kelihatan sangat sadis, tapi saat disergap anggota. Nyali premannya langsung hilang walaupun satu di antara tiga pelakunya dalam kondisi mabuk. Bius mirasnya pun tiba-tiba hilang saat ditangkap,” terangnya.

Namun, lanjut Faisal, motif yang sebenarnya di balik pembunuhan itu belum diketahuinya karena proses pemeriksaanya belum selesai.“Belum tau apa motifnya. Karena itu, pasal yang kita terapkan untuk sementara ini pasal 338 KUHPidana tentang pembunuhan,” terangnya.

Sebab, kata Faisal, alat yang digunakan dan cara untuk membunuh korban juga belum diketahui secara pasti. “Apa alat yang digunakan pelaku, bagaimana cara membunuhnya, alat itu didapat dari mana atau sudah direncanakan terlebih dahulu, belum bisa kita ungkapkan saat ini. Karena itu bisa juga pasal yang diterapkan itu berubah menjadi pasal 365 Jo pasal 338 Jo 340 KUHPidana tentang perampokan dan pembunuhan berencana,” jelanya.

Sementara itu, Niko Manalu salah satu pelaku mengakui, nekat menghabisi nyawa korban karena diajak dua rekannya yang lain. “Aku tidak tau apa masalahnya bang, tetapi karena diajak mereka aku ikut saja,” ucapnya dengan kepala tertunduk.(BS04)

T#g:Poldasu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Poldasu Periksa Ajudan Wali Kota Terkait OTT Kasus Pungli di BPKAD Pematang Siantar

    Beritasumut.com-Rilan, yang disebut sebagai ajudan Wali Kota Pematang Siantar diperiksa Penyidik Subdit III/Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Kh

  • 2 minggu lalu

    Jadi Salah Satu Obvitnas, Polda Sumut Lakukan Mou dengan PT Inalum

    Beritasumut.com-Polda Sumut melakukan Penandatanganan Kesepahaman Bersama (Mou) dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) Persero di Aula Tribr

  • 3 minggu lalu

    Demo Masih Berlangsung, Polda Sumut Kirim 500 Personel Brimob ke Papua

    Beritasumut.com-Gelombang aksi demonstrasi masih terus dilakukan oleh mahasiswa dan rakyat di Papua.Guna membantu upaya pemulihan di Papua, Kepolis

  • 4 minggu lalu

    Dirlantas Poldasu Kini Dijabat Kombes Pol Kemas Ahmad Yani

    Beritasumut.com-Kombes Pol Kemas Ahmad Yani resmi menjabat sebagai Direktur Lalulintas Polda Sumatera Utara (Poldasu) menggantikan Kombes Pol Yuli

  • 4 minggu lalu

    Kapolsek Patumbak Terima Penghargaan dari Mabes Polri

    Beritasumut.com–Wadir Tipid Narkoba Mabes Polri Kombes, Krisno H Siregar, didampingi Dir Narkoba Poldasu, Kombes Pol Hendrik Marpaung, mengun

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.