Kamis, 12 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Tekab Unit Buncil Polda Sumut Tangkap Tiga Pembunuh Hamonangan

Tekab Unit Buncil Polda Sumut Tangkap Tiga Pembunuh Hamonangan

Senin, 25 Juli 2016 21:34:00
BAGIKAN:
Beritasumut.com/Ist
Polda Sumut

Beritasumut.com-Tiga pelaku pembunuhan Paulus Hamonangan Sipangkar (24), di Kampung Karo, Tanah Garapan Selambo, Kecamatan Percut Seituan, pada 22 Juli 2016 lalu diringkus oleh Tim Komando Anti Bandit (Tekab) unit Bunuh Culik (Buncil) Polda Sumut.

Ketiga tersangka itu yakni, Martin Agustinus Hutagaol (23), warga Jalan Jermal XV, Kecamatan Medan Denai, Julius Sitanggang (27), warga Tanah Garapan, Selambu, Kecamatan Percut Seituan dan Niko Manalu (16), warga Jalan Keramat Kuda, Tanah Garapan, Kecamatan Percut Seituan.

Kasubdit III/Jahtanras Polda Sumut, AKBP Faisal Napitupulu mengatakan ketiga tersangka ditangkap dari lokasi yang berbeda.“Julius Sitanggang ditangkap saat berada di rumah mertuanya, Jalan Kapodang, Perumnas Mandala, Minggu (24/07/2016), sekitar jam 17.30 WIB. Kemudian Niko Manalu ditangkap saat asyik minum tuak di sebuah warung milik marga Hutasoit di lokasi tanah garapan, Kecamatan Percut Seituan, Senin (25/07/2016) dinihari, sekitar jam 03.30 WIB, sedangkan Martin sudah ditangkap terlebih dahulu dari rumahnya,” sebutnya, Senin (25/07/2016).

Dari ketiganya, polisi kemudian menyita satu uni mobil Daihatsu Xenia warna Silver dengan Nomor Polisi (Nopol) BK 1434 JV, satu unit audio power milik korban dan satu kemeja milik pelaku yang digunakan saat menghabisi nyawa korban.“Hingga saat ini ketiga pelaku masih dalam pemeriksaan secara intenif. Kemungkinan adanya pengembangan untuk mencari pelaku lain masih ada, atau setidaknya jaringan para pelaku yang diduga terlibat dalam kasus ini,” ujarnya.

Menurut Faisal, meski ketiganya tergolong pembunuh sadis, namun saat penyergapan ketiganya tidak ada yang melakukan perlawanan. Sedangkan, dari hasil pemeriksaan sementara diduga pelaku nekat menghabisi nyawa korban karena sakit hati.“Wajah pelakunya kelihatan sangat sadis, tapi saat disergap anggota. Nyali premannya langsung hilang walaupun satu di antara tiga pelakunya dalam kondisi mabuk. Bius mirasnya pun tiba-tiba hilang saat ditangkap,” terangnya.

Namun, lanjut Faisal, motif yang sebenarnya di balik pembunuhan itu belum diketahuinya karena proses pemeriksaanya belum selesai.“Belum tau apa motifnya. Karena itu, pasal yang kita terapkan untuk sementara ini pasal 338 KUHPidana tentang pembunuhan,” terangnya.

Sebab, kata Faisal, alat yang digunakan dan cara untuk membunuh korban juga belum diketahui secara pasti. “Apa alat yang digunakan pelaku, bagaimana cara membunuhnya, alat itu didapat dari mana atau sudah direncanakan terlebih dahulu, belum bisa kita ungkapkan saat ini. Karena itu bisa juga pasal yang diterapkan itu berubah menjadi pasal 365 Jo pasal 338 Jo 340 KUHPidana tentang perampokan dan pembunuhan berencana,” jelanya.

Sementara itu, Niko Manalu salah satu pelaku mengakui, nekat menghabisi nyawa korban karena diajak dua rekannya yang lain. “Aku tidak tau apa masalahnya bang, tetapi karena diajak mereka aku ikut saja,” ucapnya dengan kepala tertunduk.(BS04)

T#g:Poldasu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Ditlantas Poldasu: Jalur Wisata dan Arus Mudik di Siantar - Simalungun Dievaluasi

    Beritasumut.com–Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumatera Utara (Poldasu) melakukan pemantauan dan evaluasi sejumlah rute yang berpote

  • 2 minggu lalu

    Kapoldasu Resmikan Polres Deli Serdang Jadi Polresta

    Beritasumut.com-Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH, menghadiri upacara peresmian perubahan Polres Deli Serdang m

  • 3 minggu lalu

    Polda Sumut: Ada Tersangka Baru Terkait Korupsi Dispora Sumut

    Beritasumut.com-Terkait kasus dugaan korupsi sirkuit atletik Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Sumut pihak Penyidik Subdit III/T

  • 4 minggu lalu

    Wujudkan SDM Unggul, Poldasu Lakukan Kerjasama dengan Unimed, USU dan UMSU

    Beritasumut.com-Guna mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Sumatera Utara (USU) dan UMSU

  • 4 minggu lalu

    Jaringan Bom Bunuh Diri di Mapolrestabes Medan Diburu Tim Gabungan Poldasu

    Beritasumut.com-Pelaku teror bom bunuh diri di Mapolrestsbes Medan, Rabu (13/11/2019) kemarin, Rabial Muslim Nasution (24) diduga mempunyai jaringa

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.