Peristiwa

Tambah Hunian Warga Binaan, Lapas dan Rutan di Sumut Masih Over Kapasitas


Tambah Hunian Warga Binaan, Lapas dan Rutan di Sumut Masih Over Kapasitas
BERITASUMUT.COM/IST
Lapas Kelas 1 Medan.
Beritasumut.com-Pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM terus berupaya untuk menekan over kapasitas warga binaan di Lapas maupun Rutan. Seperti halnya di Sumut yang saat ini total warga binaan mencapai 24.901 orang. Sementara itu saat ini seluruh Lapas dan Rutan di Sumut hanya mampu menampung 8500 orang.      
 
“Selama delapan bulan saya menjabat di Sumut ini saya mendapat tugas oleh Pak Menteri dan menuntaskan 14 pekerjaan pembangunan. Salah satunya pembangunan di 14 titik yang anggarannya dari APBN dan APBNP. Sudah selesai dan akan diresmikan Pak Menteri Jumat besok (20/01/2017),” ujar mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumut, Maroloan Jonnis Baringbing yang Jumat besok akan serahterima jabatan dengan Kakanwil Kemenkumham Sumut yang baru Ibnu Chuldun, Kamis (19/1/2017).
 
Dikatakan Baringbing, dari pembangunan di 14 titik tersebut dapat menambah kapasitas hunian 3000 orang yang tersebar di seluruh Sumut di antaranya Tanjunggusta, Langkat, Siantar, Nias, Sibolga, Tanjung Balai dan Asahan. Artinya saat ini total Lapas dan Rutan di Sumut dapat menampung 11500 orang.
 
“Paling tidak sudah bisa mengurangi over kapasitas. Selain itu kita sudah membentuk dua Satker dan diresmikan nomenklaturnya yakni Lapas Pemuda di Langkat dan Lapas Perempuan di Medan. Hal ini kita lakukan dalam rangka memperhatikan warga Sumut yang tersangkut masalah pidana kriminal,” pungkas Baringbing.(BS03)
 

Tag:narapidanaRutanSumutLapas