Peristiwa

Tak Miliki IMB, DPRD Medan Minta Pemko Tindak Bangunan di Jalan Tembakau Deli

Tak Miliki IMB, DPRD Medan Minta Pemko Tindak Bangunan di Jalan Tembakau Deli
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pemko Medan melalui Dinas Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang (Perkimtaru) Kota Medan diminta tidak tutup mata dengan keberadaan bangunan di Jalan Tembakau Deli I, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat. Bangunan yang posisinya tidak jauh hanya dengan Kantor Walikota Medan ini Terus berlangsung hingga dua pekan terakhir. Padahal, tidak terlihat ada plank IMB di sekitar lokasi bangunan tersebut.
 
"Pemko Medan dalam hal ini Dinas Dinas perumahan, kawasan pemukiman dan penataan ruang Kota Medan segera melakukan pengecekan. Setiap bangunan yang tidak memiliki izin ya harus ditindak lah. Sesuai dengan aturan yang ada," ujar Anggota DPRD Medan dari Komisi IV Syaiful Ramadhan, Kamis (20/02/2020).
 
Berdasarkan penelusuran di lokasi, bangunan tersebut merupakan penambahan bangunan lama yang dalam waktu bersamaan juga sedang direnovasi. Bahkan, lokasi pengerjaan bangunan tersebut hanya berjarak dua meter dari bantaran Sungai Deli yang berseberangan dengan Kantor Walikota Medan.
 
Kepala Lingkungan Tembakau Deli I, Mujahidi, yang ditanyakan mengenai proses pengerjaan bangunan tersebut, mengaku, tidak ada pemberintahuan maupun permohonan rekomendasi perizinan untuk penambahan bangunan di lokasi tersebut.
 
"Tidak ada permohonan terkait penambahan bangunan, yang ada hanya pemberitahuan dari pemilik terkait akan melakukan renovasi bangunan. Pemberitahuannya memang tidak resmi secara tertulis hanya lisan saja akan melakukan renovasi," ujar Mujahidi.
 
Mujahidi menyebutkan proses renovasi dimaksud sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir.
 
Ditanyakan terkait persyaratan ada persetujuan warga yang diketahui kepling untuk suatu proses pembangunan, Mujahidi mengungkapkan, secara tertulis memang tidak ada.
 
"Kalau kita kan prinsipnya ada warga yang bermohon kita proses, tetapi kalau tidak ada permohonan bagaimana," ujarnya.
 
Lurah Kesawan, Marwan yang dikonfirmasi melalui saluran telepon seluler, juga mengakui tidak pernah ada permohonan terkait bangunan tersebut. Dia beralasan, jika pun harus ada permohonan izin, tidak menjadi domainnya Kelurahan, namun intansi terkait di Pemerintah Kota (Pemko) Medan.
 
"Untuk perizinan bangunan tidak ada di kita (Kelurahan), namun demikian nanti saya akan melihatnya terlebih dahulu," ungkapnya.(BS03)