Rabu, 19 Februari 2020

TPFT Belawan, Solusi Percepat Dwelling Time

Selasa, 11 Oktober 2016 01:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Pelabuhan Belawan.
Beritasumut.com-Dalam meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyediakan layanan TPFT (Tempat Pemeriksaan Fisik Terpadu) secara online. Tempat pemeriksaan sementara Online tersebut merupakan yang pertama di luar pulau Jawa yang dapat dioptimalkan guna menunjang kegiatan pemeriksaan fisik bea cukai dan karantina dengan mekanisme pemeriksaan karantina dilakukan terlebih dahulu sebelum respon kepabeanan.
 
Kesiapan dalam pelayanan TPFT kepada pengguna jasa dan masyarakat ini merupakan komitmen dalam mempercepat layanan dan keamanan barang impor pengguna jasa. TPFT ini adalah layanan pertama di luar Pulau Jawa, layanan ini sudah dioperasikan sejak tanggal 1 November 2015 yang lalu di Belawan International Container Terminal (BICT) yang merupakan pelabuhan utama Pelindo 1. Dengan adanya layanan TPFT ini, proses waktu kegiatan pemeriksaan (behandle) peti kemas impor menjadi lebih efektif karena sudah menggunakan sistem online yang terintegrasi.
 
Layanan TPFT ini berada di dalam pelayanan satu atap maka waktu yang dibutuhkan bagi pengguna jasa menjadi lebih cepat dan dengan adanya sistem online, pemindahan peti kemas dari lapangan penumpukan ke lapangan behandle sudah berdasarkan sistem dan tidak menunggu permintaan pengguna jasa lagi.
 
Selain itu, dari segi fasilitas, para pengguna jasa mendapatkan fasilitas yang nyaman, akses informasi cepat dan akurat serta sarana dan prasarana yang sangat mendukung kegiatan behandle. Keuntungan menggunakan fasilitas TPFT, pemeriksaan bisa dilakukan bersama antara Bea dan Cukai dan Karantina, secara online dan dengan lokasi pemeriksaan/Behandle yang berada terpisah dari lokasi penumpukan petikemas di terminal, sehingga mengurangi mobilitas orang di dalam lapangan penumpukan petikemas di terminal.
 
Pelaksana Harian Humas Pelindo 1, Rafika Aulia mengatakan performa kinerja layanan BICT dengan adanya TPFT ini semakin membaik, salah satunya mampu mempersingkat dwelling time di mana dari sebelumnya rata-rata dwelling time BICT tahun 2015 sekitar 5,9 hari, namun setelah layanan ini tercatat selama 2016 (Januari-September) dwelling time rata-rata menjadi 4,6 hari, dan ditargetkan akhir Oktober ini dwelling time menjadi 2,5 hari. "Pelindo 1 pun akan terus berkomitmen untuk semakin mempersingkat dwelling time tersebut," ujar Rafika dalam siaran persnya.
 
Terkait layanan TPFT di BICT yang disediakan Pelindo 1, Rafika menambahkan bahwa banyak pihak yang mengapresiasi layanan TPFT. Diantaranya dari surat Ombudsman RI melalui suratnya tertanggal 29 Januari 2016 yang memberikan Apresiasi kepada Pelindo 1 atas layanan TPFT, kemudian Komisi VI Anggota DPR RI Bambang Haryo Soekartono, Anggota Komisi IV DPR RI yang dipimpin Edhi Prabowo sertaKetua Watimpres Sri Adiningsih yang mengunjungi TPFT pada 21 Juli yang lalu ‎dan memberikan apresiasi yang sama atas tersedianya layanan TPFT ini. 
 
“Fasilitas TPFT kepada pengguna jasa ini merupakan wujud keseriusan dan bentuk komitmen Pelindo 1 dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” pungkas Rafika.(Rel)
 
T#g:Dwelling TimePelabuhan BelawanPelindo 1
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    Pelindo 1 Latih Mitra Binaan di Belawan dan Kuala Tanjung

    Beritasumut.com-Untuk meningkatkan kemampuan mengelola usaha dan keberlanjutan pengembangan bisnis mitra binaan, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)

  • 2 minggu lalu

    Cegah Kasus Stunting, Pelindo 1 Gelar Seminar Konsultasi ASI

    Beritasumut.com-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 bersama Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Sumut,

  • 2 minggu lalu

    Pelindo 1 Optimalkan Layanan sebagai Pintu Utama Ekspor CPO Nasional

    Beritasumut.com-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus mengoptimalkan seluruh layanan bisnis dalam pengelolaan pelabuhan, salah sa

  • 3 minggu lalu

    Pelindo 1 Gelar Program Pemberdayaan Masyarakat Belawan

    Beritasumut.com-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyelenggarakan program pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat Kelurahan Bagan Del

  • 3 minggu lalu

    Pelindo 1 Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Pelabuhan Internasional

    Beritasumut.com-PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap penyebaran Virus Corona (Novel C

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.