Sabtu, 14 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • TNI Bantu Air Bersih di Pengungsian Korban Gempa Palu

TNI Bantu Air Bersih di Pengungsian Korban Gempa Palu

Rabu, 10 Oktober 2018 18:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pasca bencana alam gempa bumi 7,4 skala richter dan tsunami di Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Jumat 28 September 2018 lalu, warga masyarakat yang berada di tempat pengungsian mulai kesulitan air bersih. Kebutuhan air bersih ini dapat teratasi setelah prajurit TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) membantu mendistribusikan air bersih dengan menggunakan tangki ke tempat pengungsian warga.
 
Salah satu tempat pengungsian warga korban bencana gempa yang mendapat bantuan air bersih dari TNI terletak di Jalan Veteran, Kelurahan Tanah Modindi, Kecamatan Mantikulores, Kota Palu, Rabu (10/10/2018).
 
Sebanyak 325 personel dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara 16/Sula Bhuana Cakti (Batalyon Arhanud 16/SBC) Divisi Infanteri 3/Kostrad di bawah pimpinan Komandan Batalyon (Danyon) Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi S.I.P., diterjunkan ke lokasi tersebut untuk membantu masyarakat termasuk penyediaan kebutuhan air bersih di tempat-tempat pengungsian.
 
Menurut Danyon Arhanud 16/SBC Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, pemberian bantuan air bersih ini di tempat pengungsian dilaksanakan setiap hari. Selain memberikan bantuan air bersih, para personel TNI juga membantu menyalurkan distribusi logistik kepada warga masyarakat di Kelurahan Tanah Modindi dan sekitarnya. “Tugas Satgas di sini membantu mengatasi kesulitan masyarakat dalam mendistribusikan logistik termasuk penyediaan air bersih,” ucapnya.
 
Selanjutnya Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Abituren Akmil 2001 ini menjelaskan bahwa bantuan logistik yang mereka distribusikan agar tepat sasaran dan merata pembagiannya diserahkan melalui koordinator RT setempat. Salah satunya RT yang diketuai Abdul Gafar menerima langsung pendistribusian bantuan mewakili sekitar 122 orang warganya yang tersebar di tiga titik pengungsian.
 
Beberapa bantuan logistik yang didistribusikan antara lain beras, gula pasir, matras, air mineral, pakaian, mie instan, susu bayi dan pakaian layak pakai. “Selain penyaluran bantuan logistik, kami juga memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami yang berada di sekitar posko pengungsian,” tandasnya. (Rel)
T#g:Air BersihBantuan TNIBencana SultengGempa Palu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 bulan lalu

    Prof Herbert Sipahutar dari UNIMED Berikan Solusi Air Bersih ke Masyarakat Kampung Kolam

    Beritasumut.com-Pemerataan akses air bersih dan layak minum merupakan kebutuhan pokok masyarakat yang wajib dipenuhi pemerintah. Badan Pusat Statis

  • 5 bulan lalu

    Wagub Sumut Sambut Baik Rencana Pembaharuan Kerja Sama SPAM Regional

    Beritasumut.com–Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menyambut baik keinginan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan

  • 9 bulan lalu

    FGD Tugas Perbantuan TNI kepada Polri dari Perspektif HAM Dibuka Kasum TNI

    Beritasumut.com-Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menyelenggarakan acara Focus Group Discussion (FGD) Tugas Perbantuan TNI kepada

  • 9 bulan lalu

    Kades Baruas Padang Sidimpuan Tersangka Korupsi Pembangunan Jaringan Air Bersih

    Beritasumut.com-Plt Kepala Desa Baruas, Kecamatan Padang Sidimpuan Batunadua, Kota Padang Sidimpuan Ahmad Alwi Harahap resmi ditetapkan sebagai ter

  • 10 bulan lalu

    USAID IUWASH PLUS Sumut Tata Sanitasi dan Air Bersih di Medan

    Beritasumut.com-Permasalahan sanitasi dan air minum kerap menjadi problem di masyarakat, khususnya yang berdomisili di Daerah Aliran Sungai (DAS).

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.