Minggu, 15 Desember 2019

Sungai Mencirim Dipenuhi Sampah

Minggu, 24 Juli 2016 10:49:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/BS08
Tumpukan sampai di Sungai Mencirim, Binjai

Beritasumut.com-Sungai Mencirim merupakan salah satu sungai dalam wilayah Propinsi Sumatera Utara yang secara geografis terletak pada 03o 03’40” – 03o 40’02” LU dan 98o 27’03” – 98o 39’32” BT, dengan ketinggian rata-rata 28 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan kontur peta aliran sungai, Sungai Mencirim mengalir dengan kemiringan 8 % tetapi menurun dari Selatan ke Utara. Sungai mencirim mempunyai hulu di desa Kotalimbaru kab. Langkat mengalir melewati kecamatan Sei Binge, Namoukur Utara, Namoukur Selatan dan berakhir di kota Binjai.

Sungai Mencirim saat ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk keperluan irigasi, rekreasi dan pemandian, serta kegiatan lainnya. Namun saat ini, sungai Mencirim telah banyak tercemari, oleh berbagai macam sampah, sehingga di setiap musim penghujan, area yang berada di sekitaran sungai Mencirim ini sering mengalami banjir.

Terlihat di beberara titik di sungai Mencirim ini adanya tumpukan tumpukan sampah yang dapat mengakibatkan banjir, diantaranya terlihat di sekitaran titi Rambung, yang berada di jalan Pangeran Diponegoro, Desa Rambung Dalam, Kecamatan Binjai Utara. Terlihat banyak sampah yang menumpuk di sekitaran titi tersebut, mengakibatkan warga risau akan adanya sampah tersebut.

Menurut Muliono, salah seorang warga, sampah-sampah tersebut  sudah lama menumpuk dan tidak ada perhatian dari petugas kebersihan Pemko Binjai. “Sampah ini sudah lama begini, padahal hampir setiap musim hujan pasti ada saja daerah yang kena banjir, tapi ga ada sama sekali dari petugas yang menangani ini berniat untuk membersihkannya,” ujarnya.

"Tumpukan sampah ini sangat mengganggu bagi kami, karna setiap musim hujan kami harus berjaga jaga mengantisipasi apa bila air menguap dan terjadi banjir,” sambungnya. (BS08)

T#g:longsor
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 bulan lalu

    Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera Diguncang Gempa

    Beritasumut.com-Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera diguncang oleh gempa bumi tektonik berkekuatan M=5,9 Selasa (15/10/2019) pukul 05.

  • 6 bulan lalu

    Irham Effendi Lubis Korban Longsor di Langkat, Ternyata Tersangka Demo Ricuh di Medan

    Beritasumut.com–Salah satu korban meninggal dalam bencana alam berupa longsoran batu di Air Terjun Pantai Salak, Dusun Kwala Gemuk, Kecamatan

  • 6 bulan lalu

    Tanah Longsor di Medan Johor, Satu Rumah Rusak Berat

    Beritasumut.com-Satu unit rumah di Jalan Eka Dame 4 (Pinggir Sungai) Lingkungan VI, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor rusak berat dilan

  • 6 bulan lalu

    Termasuk di Sumut, BMKG Prediksi Cuaca Buruk Masih Terjadi Hingga 10 Juni Mendatang

    Beritasumut.com-Cuaca buruk diprediksi masih akan terjadi di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Provinsi Aceh, Sumatera Barat (Barat) dan Ria

  • 8 bulan lalu

    Terus Bertambah, Korban Bencana di Bengkulu Berjumlah 29 Meninggal dan 13 Hilang

    Beriitasumut.com-Korban banjir dan longsor yang menimpa 9 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu terus bertambah. Data korban bencana per Senin (29/04

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.