Peristiwa

Sumut Peringkat Empat Terbanyak Laporan Pungli


Sumut Peringkat Empat Terbanyak Laporan Pungli
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Setelah Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Timur, Provinsi Sumut terbanyak keempat laporan pungli oleh masyarakat yang sampaikan ke Tim Saber Pungli. Setelah Sumut, Lampung dan Banten. Hal ini dikatakan Ketua Tim Rekomendasi Kelompok Kerja Pencegahan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kemenko Polhukam RI Letkol CPM E Agustian di Kantor Gubsu, Kamis (10/08/2017).
 
Meskipun tidak membeberkan secara detil terkait banyaknya pengaduan terkait pungli di Sumut, Agustian mengatakan, laporan dari Sumut yang diterima pihaknya disampaikan publik melalui berbagai cara diantaranya melalui pesan singkat, email hingga sambungan telepon. "Ada yang lewat tertulis, lewat SMS. Ada juga yang langsung dari telepon," kata Agustian. 
 
Dikatakan Agustian kehadiran pihaknya ke Sumut dalam rangka menginformasikan terkait kegiatan sosialisasi pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli di Sumut pada Selasa (15/08/2017) pekan depan. Kegiatan ini akan dihadiri unsur FKPD tingkat Sumut, pimpinan SKPD Pemprov Sumut, perwakilan Unit Pemberantasan Pungli tingkat Sumut serta perwakilan Unit Pemberantasan Pungli tingkat kabupaten dan kota di Sumut. "Nanti langsung datang dari Irwasa Polri," katanya. 
 
Sementara itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut gembira rencana kegiatan sosialisasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI. Plt Sekda mengatakan pihaknya siap mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut terlebih lagi berdasarkan catatan laporan masyarakat terhadap aktivitas Pungli di Sumut kepada Tim Saber Pungli cukup banyak. 
 
“Ini menjadi evaluasi yang berarti bagi kami bagaimana bisa memperbaiki pelayanan publik dan memberantas pungli. Ini juga menunjukkan bahwa warga Sumut mempunyai peran aktif dalam upaya mensukseskan kegiatan dan program pembangunan terutama dalam hal peningkatan mutu pelayanan publik,” ujar Ibnu.
 
Dengan acara tersebut, Ibnu berharap dapat mendorong para inspektorat di daerah untuk meningkatkan pengawasan di daerah masing-masing, dalam rangka menekan aksi pungli. “Acara ini sangat bermanfaat bagi kami dan kabupaten/kota untuk menggalang kepedulian bersama memberantasan aksi pungli di berbagai level pelayanan publik di Sumut,” pungkasnya.(BS03)

Tag:PemprovsupungliSKPDPungutan Liar