Jumat, 19 April 2019

Suhu di Kota Medan Capai 33 Derajat Celcius

Rabu, 09 Januari 2019 12:51:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Dalam beberapa hari belakangan, suhu udara di Kota Medan terasa lebih panas dan gerah dari sebelumnya. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, suhu udara yang berlangsung hingga mencapai 33 derajat celcius.
 
"Dalam beberapa hari ke depan, suhu udara di Kota Medan diprediksi mulai dari 23 hingga 33 derajat celcius," ungkapnya Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG)  Wilayah I Medan, Syahnan kepada wartawan, Rabu (09/01/2019).
 
Meskipun cukup panas, Syahnan menjelaskan, hujan masih dapat terjadi. Kendati hanya hujan ringan ataupun hujan lokal saja.
 
"Dalam 3 hari kedepan, hujan khususnya dapat terjadi pada siang atau sore hari," jelasnya.
 
Selain kota Medan, sambung Syahnan, suhu udara di sejumlah daerah di Sumut juga di perkirakan akan mencapai 33 derajat celcius.
 
Ia memaparkan, daerah-daerah itu yakni, Pandan, Gunung Sitoli, Stabat, Lubuk Pakam, Kisaran, Rantau Prapat, Teluk Dalam, Sei Rampah, Lima Puluh, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Binjai, Tebingtinggi, Kota Pinang, Aek Kanopan, Lahomi, dan Lotu.
 
"Namun BMKG belum mengeluarkan warning terkait cuaca ini," tandasnya.
 
Sebelumnya, BMKG telah memprediksi El Nino akan melanda wilayah  Indonesia pada pertengahan bulan Januari dan Februari mendatang. Untuk itu, kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) harus dapat diwaspadai. 
 
"Tapi untuk sekarang, El Nino itu masih jauh. Karena saat ini masih masa transisi," ungkapnya Syahnan, Selasa (08/01/2019).
 
Ia menjelaskan, untuk Sumut, kondisi iklim yang berlangsung saat ini lebih mengarah ke musim kemarau. Dimana usai berlalunya puncak dari musim hujan. Dia melanjutkan, kendati diprediksi akan El Nino, namun dampaknya diyakini tidak akan terlalu besar.
 
"Selain masih jauh, El Nino sifatnya juga masih menengah atau sedang. Jadi jangan khawatir," ujarnya.(BS06)
T#g:Cuacasuhusuhu Kota Medan
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 3 minggu lalu

    Masuk Musim Kemarau, BNPB Imbau Warga Waspada Karhutla

    Beritasumut.com-Awal musim kemarau tahun 2019 di Indonesia jatuh pada bulan April-Mei. Masa transisi musim dari penghujan menuju kemarau tersebut d

  • 4 minggu lalu

    Equinox Fenomena Biasa, BMKG Imbau Masyarakat Tenang

    Beritasumut.com-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menanggapi beredarnya berita yang menyebutkan adanya fenomena Equinox, dim ana

  • satu bulan lalu

    BMKG I Medan Pantau Ada 3 Titik Panas di Sumut

    Beritasumut.com-Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Syahnan menyebutkan jik

  • 2 bulan lalu

    Dua Titik Panas Terpantau BKMG di Madina

    Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menemukan adanya titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera Utara (Sumut)

  • 2 bulan lalu

    BMKG Imbau Masyarakat Waspadai Gelombang Tinggi di Beberapa Wilayah

    Beritasumut.com-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya gelombang tinggi pada unt

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.