Sabtu, 22 Februari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Suhu Kota Medan Diprediksi Mencapai 32 Derajat Celcius

Suhu Kota Medan Diprediksi Mencapai 32 Derajat Celcius

Kamis, 08 Agustus 2019 14:11:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat, saat ini pola tekanan di belahan bumi bagian selatan relatif lebih tinggi daripada bagian utara. Selain itu, juga terdapat gangguan siklonik berupa siklon tropis 'Lekima' dan badai tropis 'Krosa' di perairan timur laut Filipina serta pola tekanan rendah di Laut Cina Selatan.
 
Kepala Stasiun Klimatologi Deli Serdang, Klaus Johannes Apoh Damanik menyebutkan, hal ini mengakibatkan pola angin di Sumatera Utara dominan bergerak dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan 5 – 15 knots. Dengan demikian wilayah Sumatera Utara menjadi daerah belokan angin yang membawa uap air dari perairan Samudera Hindia menuju badai tropis dan pusat tekanan rendah tersebut.
 
"Sehingga pembentukan awan konvektif penyebab hujan kurang signifikan berpotensi terjadi di beberapa wilayah Sumatera Utara," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (08/08/2019).
 
Untuk Kota Medan, Johannes memaparkan, pada pagi hingga siang hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Selanjutnya sore hingga malam hari diprakirakan berawan dan berpeluang hujan lokal. "Suhu udara berkisar antara 24 – 32°C," jelasnya.
 
Sementara itu, untuk Pantai Timur dan Lereng Timur, seperti di Stabat, Pematang Siantar, Lubuk Pakam, Sei Rampah, Lima Puluh, Binjai, Tebing Tinggi, Kisaran, Tanjung Balai, Rantau Prapat, Kota Pinang, dan Aek Kanopan, secara umum pagi hingga siang hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Pada sore hingga malam hari diprakirakan berawan dan berpeluang hujan lokal dengan suhu udara berkisar antara 24 – 32°C.
 
Selanjutnya, untuk wilayah Pegunungan seperti di Pematang Raya, Kabanjahe, Balige, Sidikalang, Salak, Dolok Sanggul, Pangururan, dan Gunung Tua, pagi hingga siang hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan. Lalu pada sore hingga malam hari diprakirakan berawan hingga hujan ringan, dengan suhu berkisar antara 18 – 28° C. 
 
Sedangkan untuk Lereng Barat dan Pantai Barat seperti di Pandan, Tarutung, Panyabungan, Sibolga, Padang Sidempuan dan Sibuhuan, sepanjang hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan dengan suhu berkisar antara 24 - 32° C. 
 
"Begitu juga untuk Kepulauan Nias seperti di Kota Gunung Sitoli, Teluk Dalam, Sogawu, Lahomi, Lotu, Lahewa dan sekitarnya, sepanjang hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan, dengan suhu berkisar antara 24 - 32° C.
 
Selain cuaca, Johannes juga mengimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya tinggi gelombang setinggi 2,5 - 4 m yang diprakirakan berpeluang terjadi di perairan Kepulauan Nias hingga Kepulauan Mentawai, serta Samudra Hindia barat Sumatera.
 
Untuk itu, lanjut dia, masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di perairan tersebut diharap agar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, khususnya untuk perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal ferry.
 
"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," pungkasnya.(BS04)
T#g:BMKGMedan Cerah Berawanprediksi cuaca
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    BNPB Catat Lebih dari 400 Bencana Terjadi Hingga Minggu Ketiga Februari 2020

    Beritasumut.com-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat lebih dari 400 bencana terjadi hingga minggu ketiga Februari 2020, atau per 1

  • 3 minggu lalu

    Beri Dukungan Legalitas Formal, TNI dan BMKG Jalin Kerja Sama

    Beritasumut.com-Dalam rangka mendukung tugas-tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), TNI da

  • 4 minggu lalu

    BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat pada 24-29 Januari 2020

    Beritasumut.com-Sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia Selatan Lampung yang diprakirakan akan terbentuk pada tanggal 24 hingga 26 Januari 202

  • 4 minggu lalu

    BMKG Wilayah I Medan Bahas Pemetaan Daerah Rentan Gempa dengan Pemko Medan

    Beritasumut.com-BMKG Wilayah I Medan melakukan audensi dengan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi guna membahas pemetaa

  • satu bulan lalu

    BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Hingga 23 Januari Mendatang

    Beritasumut.com-Sirkulasi siklonik di sekitar Selat Karimata saat ini masih teridentifikasi aktif dan menyebabkan terbentuknya pola konvergensi ser

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.