Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Soal Besaran Tarif Jasa Ojek dengan Aplikasi, Inilah Keputusan Menhub

Soal Besaran Tarif Jasa Ojek dengan Aplikasi, Inilah Keputusan Menhub

Selasa, 26 Maret 2019 22:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Beritasumut.com-Dengan pertimbangan sesuai dengan Pasal 11 ayat (5) Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat, pada 25 Maret 2019, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menandatangani Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor KP 348 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi.
 
Dilansir dari laman setkab, Selasa (26/03/2019), dalam Kepmenhub ini ditetapkan pedoman perhitungan biaya jasa sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi, sebagaimana tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini, yaitu Pedoman, disebutkan dalam Kepmenhub ini, biaya jasa sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi terdiri dari biaya jasa batas atas, biaya jasa batas bawah dan biaya jasa minimal.
 
“Biaya jasa batas atas, biaya jasa batas bawah, dan biaya jasa minimal sebagaimana dimaksud merupakan biaya jasa yang sudah mendapatkan potongan biaya tidak langsung berupa  biaya sewa penggunaan aplikasi,” bunyi diktum ketiga Kepemenhub.
 
Sementara biaya jasa minimal, menurut Kepmenhub ini, merupakan biaya jasa minimal yang harus dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh paling jauh 4 kilometer.
 
Ditegaskan dalam Kepmenhub ini, besaran biaya jasa batas bawah, biaya jasa batas atas, biaya jasa minimal, ditetapkan berdasarkan sistem zonasi, yaitu zona I meliputi wilayah Sumatera dan sekitarnya, kedua Jawa dan sekitarnya selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Ketiga, Bali. Zona II meliputi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Zona III meliputi wilayah Kalimantan dan sekitarnya, Sulawesi dan sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara dan sekitarnya, Kepulauan Maluku dan sekitarnya dan Papua dan sekitarnya.
 
Adapun besaran jasa sepeda motor sebagaimana dimaksud tercantum dalam Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Menteri ini, yaitu Biaya Jasa.
 
Selanjutnya menurut Kepmenhub ini, perusahaan aplikasi menerapkan besaran biaya jasa batas bawah, biaya jasa batas atas, dan biaya jasa minimal berdasarkan sistem zonasi sebagaimana ditentukan di atas.
 
Sementara biaya tidak langsung berupa sewa penggunaan aplikasi dari perusahaan aplikasi ditentukan paling tinggi 20 persen.Untuk menjamin kelangsungan penggunaan sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat yang dilakukan dengan aplikasi, menurut Kepmenhub ini, besaran biaya jasa dapat dievaluasi paling lama setiap 3 bulan.
 
“Keputusan Menteri ini mulai berlaku efektif pada tanggal 1 Mei 2019,” bunyi diktum KESEBELAS Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 348 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setyadi atas nama Menteri Perhubungan tertanggal 25 Maret 2019 itu.(BS09)
 
T#g:AplikasiGojekGrabOjek Online
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Launching 3 Aplikasi Sekaligus, Sekda Pakpak Bharat Minta Lakukan Pengelolaan dengan Serius

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat melaunching 3 Aplikasi sekaligus di Bale Sada Arih, Kompleks Perkantoran Panoram Indah

  • 2 minggu lalu

    Pemkab Samosir Launching Implementasi Sistem Aplikasi e-Klinik

    Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) meluncurkan (launching) Implementasi Sis

  • 2 minggu lalu

    Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Indosat Ooredoo Manfaatkan Live Chat dengan Kecerdasan Buatan

    Beritasumut.com-Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional dan sejalan dengan strategi LEAD, Indosat Ooredoo sebagai operator telekomunikasi terdepa

  • 3 minggu lalu

    1000 Startup Digital Diharapkan Dukung Pembanguan Kota Medan

    Beritasumut.com-Keberadaan generasi muda yang handal dalam bidang digital tentu akan menjadi stimulus baik bagi dan dalam upaya peningkatan skala i

  • 4 minggu lalu

    Inilah Vitamin dan Mineral Yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

    Beritasumut.com-Vitamin dan nutrisi di masa kehamilan sangat penting untuk tercukupi. Hal ini karena janin membutuhkan nutrisi yang cukup, agar dap

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.