Peristiwa

Simeulue Diguncang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami


Simeulue Diguncang Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com- Wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh kembali diguncang oleh gempabumi tektonik, Rabu (22/01/2020) sekitar pukul 10.58.45 WIB. Berdasarkan hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 4,5. 
 
"Episenter gempa terletak pada koordinat 2,17 LU dan 96,31 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km Barat Daya Sinabang, Aceh pada kedalaman 10 km," ungkap Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan.
 
Ia menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi inu merupakan jenis dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.
 
Adapun dampak gempabumi, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah di Simeulue pada skala III (getaran dirasakan nyata dalam rumah seperti getaran truk berlalu) dan IV (pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi) MMI.
 
"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," pungkasnya.(BS04)

Tag:gempaGempa AcehGempa Simeuluegempabumi