Peristiwa

Sawah Warga Ajibaho Rusak Tercemar Limbah Pabrik Kelapa Sawit


Sawah Warga Ajibaho Rusak Tercemar Limbah Pabrik Kelapa Sawit
beritasumut.com/BS08
Beritasumut.com-Warga Desa Biru Biru, Kabupaten Deliserdang mengeluhkan adanya pabrik kelapa sawit yang telah dibangun sejak 4 tahun yang lalu di desa mereka. Pasalnya, pabrik kelapa sawit ini diduga telah merusak area persawan warga.
 
Sawah seluas 5 hektar rusak, diduga karena air yang mengalir ke sawah milik Marah Alam Barus, Azis Barus, Bukit, Marhen, Dan Abu Bakar, terlah tercemar dengan limbah dari pabrik kelapa sawit tersebut.
 
Air sawah tersebut kini minghitam, dan berbuih. Akibatnya, padi yang di tanam warga menjadi busuk hingga mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.
 
Marah Alam Barus, salah seoarang warga yang sawahnya ikut rusak mengatakan akibat adanya pabrik kelapa sawit ini, mereka menjadi terganggu kerena suara bising dari mesin pabrik tersebut.
 
“Suaranya bising kali, kita bekerja di sawah pun merasa terganggu, tidak nyaman lagi mau bekerja, tidak ada lagi ketenangan di buatnya,” ujar Alam Barus, Senin (25/12/2017).
 
Cipratan dari corong asap pabrik mengakibatkan tumbuhan yang terdampak menjadi gosong, limbahnya juga telah mencemari air sawah warga, akibatnya saat warga beraktivitas di sawah, warga mengalami gatal gatal, dan padi yang di tanam rusak, dan mengakibatkan kerugian bagi petani.
 
“Limbahnya masuk ke saluran irigrasi, jadi air yang masuk ke sawah kami kan ikut tercer jadinya. Kena air yang sudah tercemar ini kulit jadi gatal gatal dibuatnya,” ungkap Barus sembari mengobok-obok lumpur dan air sawah yang telah tercemar.(BS08)​

Tag:PencemaranPencemaran Lingkungansawah rusak