Senin, 16 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Satu Korban Longsor Nisel Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal di Sungai

Satu Korban Longsor Nisel Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal di Sungai

Senin, 12 November 2018 22:25:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Pencarian terhadap enam dari tujuh korban longsor di Dusun Dua, Desa Sukamajumohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) terus dilakukan. Kapolres Nisel AKBP Faisal Napitupulu mengatakan, hasilnya, satu korban yang diketahui bernama Putri Hulu (5) berhasil ditemukan oleh masyarakat, dari dalam sungai yang berada tak jauh dari lokasi longsor, sekita pukul 18.00 WIB. "Jadi warga menemukan Putri Hulu di sungai. Kemungkinan saat longsor terjadi, korban terbawa arus ke sungai," ungkapnya kepada wartawan, Senin (12/11/2018).
 
Faisal menyebutkan, saat ditemukan, korban sudah dalam keadaan meninggal dunia. Namun pencarian saat ini terpaksa dihentikan karena cuaca yang buruk. "Petugas dibantu dengan BPBD merasa kesulitan saat mengevakuasi korban. Saat ini pencarian terpaksa dihentikan sementara karena hujan deras," jelasnya.
 
Selain cuaca, katanya lagi, akses menuju ke lokasi juga sangat sulit. Sebab, Faisal mengaku, personel dilapangan harus menembus jalanan berlumpur sedalam 50 Centimeter. "Karena medan yang cukup sempit dan licin, alat berat untuk evakuasi korban pun tidak bisa masuk ke lokasi. Tapi kemungkinan besok (Selasa-red) alat berat sudah bisa tiba di lokasi," jelasnya.
 
Karenanya sejauh ini, tutur dia, mengingat alat berat belum turun, pihaknya harus mencari korban dengan cara manual, yaitu menyisir di kawasan longsor. "Kita sangat hati-hati. Karena kita menghitung ada potensi longsor susulan. Apalagi saat hujan deras," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, satu keluarga di Dusun Dua, Desa Sukamajumohili, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nisel tertimbun tanah longsor, Sabtu (10/11/2018). Tinggi longsoran itu diperkirakan mencapai 10-15 meter. Informasi yang diperoleh, satu keluarga yang tertimbun longsor tersebut ada tujuh orang yakni Aristina Laia ina Elsa (33), Dalman Hulu (7), Setiamas Hulu Ina Putri (30), Rei Jaya Hulu (3), Putri Hulu (5), Noverman Hulu (2) dan Kristofen Hulu (4). "Ketujuh orang ini merupakan satu keluarga. Korban yang berhasil dievakuasi atas nama Kristofen Hulu. Namun korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Nias Tonggor Gultom.
 
Tonggor mengatakan saat itu hujan turun cukup deras. Satu keluarga ini berada di dalam rumah saat longsor terjadi di kawasan itu sekira pukul 09.00 WIB. Namun Basarnas baru mendapatkan laporan sekira pukul 11.00 WIB. "Memang hujan cukup deras. Begitu mendapat laporan kita langsung bergrak ke lokasi longsor," ujarnya. (BS04)
T#g:BPBD NiselLongsor GomoLongsor NiselNias SelatanTanah longsor
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu minggu lalu

    150 Warga Nias Selatan Ikuti Sosialisasi Nelayan Go-Online

    Beritasumut.com-Sebanyak 150 warga Nias Selatan yang berprofesi sebagai nelayan mengikuti Forum Sosialisasi Nelayan Go-Online yang diselenggarakan

  • 2 bulan lalu

    Wabup Nias Selatan Mintas PNS Maksimalkan Pelayanan Masyarakat

    Beritasumut.com-Wakil Bupati (Wabup) Nias Selatan Sozanolo Ndruru, mengharapkan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS)

  • 2 bulan lalu

    Bupati Nias Selatan Berharap Semua Pihak Bersinergi Sukseskan Sail Nias 2019

    Beritasumut.com-Bupati Nias Selatan, Dr Hilarius Duha SH MH berharap semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat dapat bersinergi untuk menyukses

  • 3 bulan lalu

    Tanah Longsor di Medan Johor, Satu Rumah Rusak Berat

    Beritasumut.com-Satu unit rumah di Jalan Eka Dame 4 (Pinggir Sungai) Lingkungan VI, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor rusak berat dilan

  • 3 bulan lalu

    Minggu Pagi, Nisel Gempa 5.8 SR, Getaran Terasa Hingga ke Padang Panjang, Bukittinggi, dan Pasaman Barat

    Beritasumut.com-Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera Utara (Sumut) kembali diguncang gempa bumi tektonik pada Minggu (02/06/2019) pagi, se

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.