Kamis, 17 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Satpol PP Bongkar 18 Papan Reklame Bermasalah di Ruas Jalan Kota Medan

Satpol PP Bongkar 18 Papan Reklame Bermasalah di Ruas Jalan Kota Medan

Jumat, 16 Agustus 2019 20:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Satpol PP kembali melanjutkan penertiban terhadap papan reklame bermasalah. Selama tiga hari, mulai Senin (12/08/2019) hingga Rabu (14/08/2019), sebanyak 18 unit papan reklame bermasa dibongkar dari sejumlah ruas jalan di Kota Medan. Pembongkaran dilakukan karena pendirian papan reklame tanpa izin. Di samping itu lagi keberadaan papan reklame bermasalah itu selama ini sangat mengganggu estetika kota.
 
Ukuran papan reklame bermasalah yang dibongkar tersebut bervariasi, ada berukuran 4x 6 meter sebanyak 3 unit, ukuran 4 x 8 meter (4 unit), 5 x 10 meter (9 unit) hingga 6 x 12 meter (2 unit). Sedangkan lokasi 18 papan reklame yang dibongkar berada di Jalan Pemuda, Jalan Sutomo, Jalan Krakatau, Jalan Kol L Yos Sudarso, Jalan Cemara, Jalan Cemara, Jalan Suprapto, Jalan Gatot Subroto, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Juanda serta Jalan Palang Merah.
 
Dari 18 papan reklame bermasalah yang dibongkar, satu diantaranya berjenis videotron yang berlokasi di Jalan Diponegoro simpang Jalan T Daud, persisnya di samping Sun Plaza. Dengan penertiban yang dilakukan ini, diharapkan tidak ada lagi pengusaha advertising yang mendirikan papan reklame tanpa mengurus izin. Dilansir dari Pemkomedan.go.id, Jumat (16/08/2019), proses pembongkaran berjalan dengan lancar.
 
Eksekusi dilakukan malam hari, sebab tingkat kepadatan arus lalu lintas jauh berkurang. Selain akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas, material pembongkaran papan reklame dikhawatir dapat menciderai masyarakat yang tengah melintas. Di samping itu, guna mendukung kelancaran pembongkaran, petugas Dinas Perhubungan Kota Medan juga menutup jalan di lokasi pembongkaran papan reklame bermasalah dilakukan. Setelah memastikan kondisi seputaran papan reklame bermasalah aman, barulah pembongkaran dilakukan.
 
Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan menuturkan, pembongkaran diawali dengan memutus terlebih dahulu listrik yang masih mengaliliri papan reklame dan dilanjutkan dengan membuka materi iklan. Guna mendukung kelancaran pembongkaran, petugas Satpol PP dibantu dengan 1 unit mobil crane. Usai mengikat papan reklame dengan ujung kait mobil crane, barulah pembongkan dilakukan dengan menggunakan mesin las. Perlahan-lahan papan reklame dipotong hingga terlepas dari tiang utama. Kemudian mobil crane perlahan-lahan menurunkan papan reklame dan meletakkan di atas aspal. Selanjutnya beberapa petugas Satpol PP mencincang papan reklame juga menggunakan mesin las menjadi beberapa potongan guna mempermudah untuk membawanya. Setelah itu dilanjutkan dengan pemotongan tiang utama hingga kandas dengan permukaan tanah guna mencegah pengusaha advertising untuk mendirikan papan reklame dilokasi semula. Selanjutnya seluruh material papan reklame yang dibongkar dibawa petugas Satpol PP dan tidak bisa diambil pemliknya.
 
“Seluruh material papan reklame yang dibongkar petugas, tidak bisa diambil pemiliknya dan kita sita. Untuk menghindari hal ini tidak terjadi, kita minta kepada pengusaha advertising untuk membongkar sendiri papan reklamenya yang bermasalah. Apabila dibongkar sendiri, pengusaha advertising bisa membawa seluruh material papan reklamenya yang dibongkar,” kata M Sofyan.
 
Apalagi sebelum melakukan pembongkaran, Sofyan menjelaskan, pengusaha advertising telah disurati agar segera membongkar sendiri papan reklame miliknya yang bermasalah. “Intinya kita tidak langsung main bongkar saja. Kita beri kesempatan kepada pengusaha advertising untuk membongkar sendiri. Namun apabila pengusaha advertising tidak men gindahkannya, barulah kita lakukan pembongkaran paksa!” tegasnya.
 
Diungkapkan Sofyan, 18 papan reklame bermasalah yang ditumbangkan itu tidak seluruhnya hasil pembongkaran yang dilakukan petugas Satpol PP. Malah sebahian besar dibongkar langsung pemiliknya. “Alhamdulillah, 18 papan reklame bermasalah yang ditumbangkan tersebut, 14 diantaranya dibongkar langsung pemiliknya. Kita sangat mengapresiasinya, semoga langkah ini dapat diikuti pengusaha advertising lainnya sehingga Kota Medan yang kita cintai ini bersih dari papan reklame bermasalah,” tutupnya. (BS09)
T#g: Advertising Bermasalah Papan Reklame Pemko MedanSatpol PP
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 47 menit lalu

    18,88 Kilo Sabu dan 9.840 Butir Pil Ekstasi Dimusnahkan Polres Tanjungbalai

    Beritasumut.com–Narkotika jenis sabu sebanyak 18,88 kg dan 9.840 butir pil ekstasi hasil tangkapan Polres Tanjungbalai selama tiga bulan tera

  • 2 jam lalu

    Pemko Medan Kaji Konektivitas Drainase Yang Berhubungan dengan Jalan dan Lintasan KA

    Beritasumut.com-Sebagai upaya mengatasi genangan air maupun banjir di sejumlah kecamatan di Kota Medan, Pemko Medan menggelar Rapat Koordinasi Pemb

  • 3 jam lalu

    IRT Korban Perampokan dan Pembunuhan di Jalan Thamrin Medan, Nyaris Tewas Bersimbah Darah

    Beritasumut.com-Suasana kawasan padat padat penduduk di Jalan Thamrin Medan mendadak heboh. Pasalnya, seorang Ibu Rumah Tangga bernama Jeseline (39

  • 4 jam lalu

    Personil TNI Dihajar Linggis di Pasar Sukaramai, Usai Belanja Keperluan Pernikahan

    Beritasumut.com-Entah apa yang merasuki pikiran seorang pemuda tak dikenal ini. Tanpa ada alasan apapun, mendadak dia menghajar kepala seorang praj

  • 5 jam lalu

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY Wujudkan Lingkungan Asri di Gereja Kampung Karubate

    Beritasumut.com-Dalam rangka mewujudkan lingkungan yang asri dan sehat, personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY melaksanakan pembersihan

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.