Sabtu, 21 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Satgas Nusantara Bakamla dan Satgas 115 Paparkan Hasil Operasi Illegal Fishing

Satgas Nusantara Bakamla dan Satgas 115 Paparkan Hasil Operasi Illegal Fishing

Jumat, 25 Mei 2018 19:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Operasi bersama Satuan Tugas (Satgas) Nusantara Bakamla dengan Satgas 115 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang digelar selama 22 hari, telah berhasil menangkap dan menggagalkan aktifitas pelaku penangkapan ikan secara ilegal di wilayah perairan Sulawesi Tenggara. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasi Satgas 115, Laksamana Pertama TNI Wahyudi H Dwiyono saat memnyampaikan sambutan dalam kegiatan bertajuk 'Penyuluhan Terpadu Terhadap Pelaku Kegiatan Illegal Fishing' di Aula Mako Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari, Jl RE Martadinata No.01, Kelurahan Kasilampe, Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Jum’at (25/05/2016).
 
Dihadapan ratusan nelayan Kendari, Direktur Operasi Satgas 115 mengatakan bahwa telah menghilangkan nelayan asing dari perairan Indonesia. "Saat ini sudah tidak ada lagi nelayan asing yang menangkap ikan di perairan Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara," tegas Dirops Satgas 115.
 
Dijelaskannya, Operasi bersama Satgas 115 dengan Satgas Nusantara Bakamla RI, TNI AL, Pol Air dan Kejaksaan telah banyak menangkap para nelayan asing yang beroperasi diperairan Indonesia secara ilegal, dan pelakunya sudah diberi hukuman berat. Dengan demikian menurut Komandan Satgas 115 stok ikan di wilayah perairan Kendari sangat melimpah.
 
KKP dalam hal ini Satgas 115, Anti Destructive Fishing menaruh perhatian khusus terhadap aktifitas penangkapan ikan secara ilegal dengan cara pengeboman dan racun, yang berdampak negatif serta dapat merusak kelestarian lingkungan. Menyikapi hal itu, Dirops Satgas 115 mengajak para nelayan untuk bersama-sama saling menjaga, melestarikan lingkungan di wilayah perairan Sulawesi Tenggara dengan tidak melakukan penangkapan ikan menggunakan bom, racun maupun cantrang. 
 
Operasi bersama ini dimulai sejak tanggal 2 sampai dengan 24 Mei 2018, melibatkan lintas instansi yaitu Bakamla RI, KKP, TNI AL, Pol Anti Destructive Fishing Air dan Kejaksaan. Tujuan Satgas yaitu melaksanakan operasi di perairan Kendari dan sekitarnya dalam rangka penindakan hukum terhadap pelaku Destructive Fishing yang menangkap ikan dengan cara pengeboman dan pembiusan. Kekuatan unsur operasi didukung Lanal Kendari yang melibatkan satu Patkamla, satu Sea Rider kemudian satu Speed  dari Ditjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) serta satu Perahu. Satgas Anti Destructive Fishing telah berhasil menangkap pelaku dan mengamankan barang bukti berupa bom ikan yang saat ini diamankan di Mako Lanal Kendari. 
 
Kegiatan Penyuluhan Terpadu Terhadap Pelaku Kegiatan Illegal Fishing di Mako Lanal Kendari dihadiri oleh Dirops Satgas 115 Laksamana Pertama TNI Wahyudi H Dwiyono, Koordinator Jaksa Peneliti Satgas 115 Warsa Susanta SH MH, Koordinator Jaksa Upaya Hukum dan Eksekusi Sukamto SH MH, Staf Khusus Satgas 115 Irjen Pol (Purn) Kamil Razak SH MH, Komandan Lanal Kendari sekaligus Wadan Satgas 115 Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna, Dirops Satgas 115 Kol Laut Firman Nugraha, Kadis Kelautan dan Perikanan Tangkap Provinsi Kendari Kabul Kijo MSi, Kasi Ops Kamla Bakamla RI Mayor Laut (P) Puadi Hasani ST, Paspotmar Lanal Kendari Mayor Laut (PM) Asmad STP, serta para Perwira Lanal dan pejabat daerah terkait dilingkungan Propvinsi Sulawesi Tenggara. (Rel)
T#g:Bakamla RIIllegal FishingKota KendariSatgas 115Satgas NusantaraSulawesi Tenggara
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 16 jam lalu

    Bakamla Amankan Kapal Minyak SPOB di Sungai Musi Palembang

    Beritasumut.com-Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengamankan kapal Self Propeller Oil Barge (SPOB) yang diduga bermuatan solar (HSD) hasil oplosan

  • 2 hari lalu

    Keberhasilan Bakamla Berawal dari Dukungan Keluarga

    Beritasumut.com-Keberhasilan Bakamla berawal dari adanya dukungan keluarga dan keberhasilan seorang suami ada doa yang kuat dari istri.  

  • 2 minggu lalu

    Bakamla RI Gelar Latihan Teknik Fotografi Pemotretan dari Udara

    Beritasumut.com-Guna mempertajam kemampuan interpretasi atas foto udara yang akan diolah sebagai data intelijen, sejumlah awak pesawat dan personel

  • 2 minggu lalu

    Bakamla RI Rencanakan Bangun Pusdiklat

    Beritasumut.com-Bakamla RI menggelar Rapat Koordinasi diikuti puluhan personel Bakamla yang berkompeten dalam bidang pembinaan personel. Adapun tuj

  • 3 minggu lalu

    Bakamla RI Libatkan Unsur Zona Maritim Barat Latihan Bersama SEACAT 2019

    Beritasumut.com-Sejumlah personel Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) yang bertugas di wilayah Zona Maritim Barat mengikuti Latihan Bersama S

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.