Rabu, 29 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Sambangi BPJPH, Muhammadiyah Siap Berperan sebagai Lembaga Pengawas Halal

Sambangi BPJPH, Muhammadiyah Siap Berperan sebagai Lembaga Pengawas Halal

Senin, 12 Agustus 2019 20:40:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Direktur Utama Lembaga Pemeriksa Halal dan Kajian Halal Thoyyiban (LPH-KHT) PP Muhammadiyah, Nadratuzzaman Hosen menyatakan pihaknya siap berperan sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Muhammadiyah siap bermitra dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sebagai penanggungjawab Jaminan Produk Halal. Hal tersebut disampaikan Nadratuzzaman saat bersilaturahim dengan Kepala BPJPH Sukoso di Kantor BPJPH Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Senin (12/08/2019).
 
"Kedatangan kami selain bersilaturahim dengan bapak Kepala BPJPH, juga untuk menyatakan kesiapan kami bekerja sebagai LPH yang bekerjasama dengan BPJPH. Yang mana hal ini sesuai dengan UU (Nomor 33 Tahun 214) Jaminan Produk Halal (JPH). Kami sudah siapkan SDM dan lab-nya, dan kami ingin ambil bagian dalam menyukseskan pelaksanaan UU JPH," kata Nadratuzzaman, dilansir dri Kemenag.go.id, Senin (12/08/2019).
 
Menurutnya, LPH-KHT PP Muhammadiyah ingin fokus terlebih dahulu dalam kegiatan membina UKM warga Muhammadiyah yang begitu banyak jumlahnya dan tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Agar nantinya tidak ada dari mereka yang tidak mendapatkan  sertifikat halal.
 
Sukoso menyambut baik penjelasan dan keseriusan Nadratuzzaman. Dia mengatakan bahwa BPJPH akan terbantu dengan hadirnya LPH yang telah memenuhi syarat sebagaimana yang dimiliki PP Muhammadiyah. "Kami tidak bisa bekerja sendirian untuk urusan halal yang sangat besar dan sangat komplek ini. Maka dengan hadirnya banyak halal center dan LPH yang memenuhi syarat dan siap bekerjasama dibawah koordinasi BPJPH, tugas kami tentunya akan terbantu. Kami berharap apa yang telah dilakukan PP Muhammadiyah ini dapat menginspirasi ormas Islam yang lain," sahutnya.
 
Sukoso juga mengingatkan kembali syarat mendirikan LPH, yaitu memiliki kantor sendiri dan perlengkapannya, terdaftar secara resmi di BPJPH, memiliki Auditor Halal paling sedikit 3 orang dan memiliki laboratorium atau kesepakatan kerjasama dengan lembaga lain yang memiliki laboratorium. (BS09)
T#g:BPJPHKemenag RiMuhammadiyahPengawas HalaProduk Hala
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 hari lalu

    Menteri Agama Ingatkan Pimpinan PTKIN Cetak Generasi Unggul dan Nasionalis

    Beritasumut.com-Menteri Agama (Menag) RI, Fachrul Razi menerima 40 pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Menag mengingatkan aga

  • satu minggu lalu

    Menag Kunjungi Maha Vihara Duta Maitreya di Batam, Fachrul Razi: Gelorakan Dunia Satu Keluarga

    Beritasumut.com-Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengunjungi Maha Vihara Duta Maitreya yang berada di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri)

  • satu minggu lalu

    Nomor Seri Buku Nikah Dicuri, Ini Respon dari Kemenag

    Beritasumut.com-Menanggapi kasus pencurian sebanyak 366 buku nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Deket, Lamongan, Kasubdit Bina KUA Ditjen Bimas Islam

  • satu minggu lalu

    Kemenag RI Sebut Serapan Anggaran Ditjen Pendis Tertinggi 5 Tahun Terakhir

    Beritasumut.com-Serapan anggaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) tahun 2019 mencapai 96,56%. Sekretaris Ditjen Pendis Imam Saf

  • satu minggu lalu

    Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia Gelar Imlek Nasional 2 Februari 2020

    Beritasumut.com-Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) akan menggelar perayaan Tahun Baru Imlek Nasional pada 2 Februari 2020, di Jakar

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.