Jumat, 24 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Resepsi Diplomatik TNI di Mesir, Atraksi Pencak Silat Meriahkan Acara

Resepsi Diplomatik TNI di Mesir, Atraksi Pencak Silat Meriahkan Acara

Kamis, 12 Desember 2019 18:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dalam rangka meningkatkan hubungan dan kerjasama militer dengan para Atase Pertahanan (Athan) dan Diplomat dari berbagai negara, khususnya yang bertugas di Republik Arab Mesir, Kantor Atase Pertahanan RI di Kairo beberapa waktu yang lalu menggelar Resepsi Diplomatik perayaan Hari Ulang Tahun ke-74 TNI bertempat di Indonesian Residence Kairo, Mesir.
 
Ada yang unik dan berbeda pada perhelatan Resepsi Diplomatik kali ini, yaitu dengan tampilnya atraksi bela diri khas Indonesia yaitu Pencak Silat yang dimainkan oleh mahasiswa dan warga Mesir. Mereka merupakan pesilat dari perguruan Tapak Suci dan Telaga Biru cabang Mesir. Para tamu undangan dan hadirin terlihat sangat antusias dengan suguhan penampilan para pesilat dan tidak sedikit yang berdecak kagum saat melihat para warga Mesir mampu memainkan jurus-jurus silat yang cukup sulit.
 
Acara resepsi diawali dengan mendengarkan lagu kebangsaan Mesir 'Biladi Biladi', disusul dengan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'. Selanjutnya Duta Besar RI untuk Republik Arab Mesir HE Helmy Fauzy, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka menjaga perdamaian dan ketertiban dunia, maka kerja sama internasional melalui kerja sama militer dan pertahanan antar negara amatlah diperlukan.
 
"Indonesia memandang Mesir sebagai salah satu negara dengan kekuatan Angkatan Bersenjata yang tercanggih dan paling modern di kawasan Afrika dan Timur Tengah. Sehingga kerjasama pertahanan antara kedua negara harus dipelihara dan ditingkatkan, terutama untuk memerangi terorisme yang merupakan ancaman bagi perdamaian dunia," ujar Duta Besar RI untuk Republik Arab Mesir HE Helmy Fauzy, melalui siaran persnya, Kamis (12/12/2019).
 
Sementara itu, Athan RI di Kairo, Kolonel Arm Alvin Dermawan Sukardi SSos MIPol, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa TNI telah berkontribusi menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan Pasukan Penjaga Perdamaian di bawah bendera PBB dan terus menambah jumlahnya agar tercapai target 4000 personel. ”Saat ini Indonesia tengah meningkatkan modernisasi alutsista bahkan telah berhasil memproduksi alutsista sendiri berupa tank medium dan ringan, Armoured Personnel Carriers (APC) serta berbagai senjata api dan munisi,” ujarnya.
 
”Indonesia juga memproduksi kapal dan pesawat udara untuk keperluan militer maupun sipil. Produk-produk tersebut telah digunakan di beberapa negara termasuk oleh PBB, karena kualitas dan harganya yang bersaing,” tambahnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, lulusan Akademi Milliter pada tahun 1997 itu juga menyampaikan bahwa hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Mesir sudah lama terjalin sejak Mesir menjadi salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. ”Pada masa yang akan datang, kerja sama militer dan pertahanan antar kedua negara akan terus diperkuat,” pungkasnya.
 
Resepsi Diplomatik perayaan HUT ke-74 TNI dihadiri oleh Menteri Pertahanan Republik Arab Mesir yang diwakili oleh Asisten Menhan, Mayor Jenderal Bassem Riyadh Soleiman dan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Mesir yang diwakili oleh Marsekal Muda Mohamed Abdel Gaber Abdel Latif.
 
Dalam acara tersebut hadir pula para Athan negara sahabat yang terakreditasi dan residen di Mesir baik yang berasal dari negara kawasan Eropa, Amerika, Afrika maupun Asia. Bahkan organisasi internasional seperti Multinational Forces Observers (MFO) dan United Nations Truce Supervision Organization (UNTSO) serta counterpart Athan RI Kairo lainnya. (Rel)
T#g:Dubes RIMesirpencak silatResepsi Diplomatik
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • satu bulan lalu

    Menko Maritim Kunjungi dan Berinvestasi ke Tanzania, Garap Proyek Infrastruktur dan Pertambangan

    Beritasumut.com-Indonesia ingin meningkatkan kerja sama termasuk berbagi pengalaman dengan Tanzania untuk meningkatkan value added industri bahan b

  • satu bulan lalu

    Pekerja Migran Indonesia di Brunei Darussalam Ikuti Sosialisasi dan Edukasi Kesehatan

    Beritasumut.com-"Saya ingin semua WNI yang bekerja di Brunei Darussalam sehat semuanya dan bisa bekerja dengan baik. Jangan ada lagi WNI yang

  • 2 bulan lalu

    Keluarga Presiden Nigeria Hadiri Acara Resepsi Diplomatik TNI

    Beritasumut.com-Guna merayakan sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 TNI di luar negeri, Kedutaan Besar RI Abuja yang dimotori oleh Kantor A

  • 3 bulan lalu

    Bahasa Indonesia Resmi Jadi Bahasa Kedua di Universitas Al Azhar Mesir

    Beritasumut.com-Universitas Al Azhar di Cairo, Mesir, resmi menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua di universitas tersebut.  Peresmi

  • 6 bulan lalu

    Dubes RI Dar esSalaam Menjadi Tamu Kehormatan Ekshibisi Pertanian Terbesar di Tanzania

    Beritasumut.com-Duta Besar (Dubes) RI Dar es Salaam, Prof Dr Ratlan Pardede telah mengunjungi Region Simiyu, Tanzania, guna menghadiri Nane-Nane Ag

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.