Peristiwa

Resah Depot Pertamina di Tengah Kota Sibolga, Warga Surati Menteri ESDM dan Lingkungan Hidup


Resah Depot Pertamina di Tengah Kota Sibolga, Warga Surati Menteri ESDM dan Lingkungan Hidup
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
SPBU Pertamina
Beritasumut.com-Resah dengan pembangunan dua unit tangki BBM di pemukiman padat penduduk, masyarakat Kota Sibolga khususnya yang berada di Lingkungan III dan IV Pasar Belakang Kecamatan Sibolga melayangkan sikap protes. Bahkan warga yang tergabung dalam Serikat Tolong Menolong (STM) Lingkungan III Pasar belakang, Amal Sosial Al-Hidayah Lingkungan IV Pasar Belakang dan Amal Sosial Nurul Ikhlas, Pancuran Pinang, Sibolga telah melayangkan surat dengan Nomor:02/STM-AL-HD,ASNI/II/2017 ke sejumlah instansi pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah serta penegak hukum.
 
“Kita telah melayangkan sikap terkait keberadaan pembangunan dua unit tangki BBM di pemukiman padat kepada Menteri ESDM, menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kapolri, Gubernur Sumut, Walikota Sibolga, DPRD Sibolga dan juga Kepala Pertaminan Depot Kota Sibolga tertanggal surat 21 Februari 2017 lalu. Surat ini kami layangkan sebagai bentuk protes warga yang merasa resah atas pembangunan tangki BBM itu,” kata Ketua Amal Sosial Al-Hidayah, Drs Ahmad Sulhan Sitompul kepada wartawan melalui selulernya, Kamis (02/03/2017).
 
Dikatakan Ahmad Sulhan, dengan lokasi yang padat penduduk tentunya sangatlah tidak layak berdiri tangki BBM dilokasi tersebut. Apalagi pihak Pertamina Sibolga berencana akan membangunan unit tangki BBM dilokasi depot Pertamina Cabang Sibolga. "Kota Sibolga dengan luas sekitar 10 Km2 sat ini dihuni oleh 96.249 jiwa. Sedangkan jarak depot pertamina dengan pemukiman penduduk hanya sekitar 20 meter. Kondisi ini terburuk lagi dengan peristiwa terbakarnya Depot BBM cabang Sibolga yang terbakar pada Tahun 1958 yang menyisakan trauma bagi masyarakat," paparnya.
 
“Apalagi dengan sembilan tangki besar BBM itu sudah diambang yang sangat mengkhawatirkan keselamatan penduduk Kota Sibolga. Khususnya bagi warga yang berada di kelurahan Pasar Belakang Sibolga yang berada disekitar depot BBM Pertamina Cabang Sibolga,” ujar Ahmad Sulhan lagi.
 
Didasari dengan kondisi tersebut, lanjut Ahmad Sulfan meminta pihak berkompeten dan instansi vertikal yang terkait untuk memberikan perhatian khusus atas keberadaan depot BBM Pertaminan Cabang Sibolga. Warga juga meminta agar pembangunan dua tangki BBM dihentikan dan meminta agar depot BBM di Kota Sibolga dipindahkan demi kenyamanan dan keselamatan warga. (BS03)

Tag:BBMDepotKotaLingkunganMenteri SDMpembangunanPemerintahPertaminaProtesSibolgaWarga