Peristiwa

Ratusan Buruh ABB-DS Demo ke Kantor Bupati Deli Serdang


Ratusan Buruh ABB-DS Demo ke Kantor Bupati Deli Serdang
BERITASUMUT.COM/BS05
Para buruh saat menggelar orasi di Kantor Bupati Deli Serdang.
Beritasumut.com-Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Bergerak Deli Serdang (ABB-DS) melakukan aksi demo di Kantor Bupati Deli Serdang pada Rabu (14/9/2016).Dalam orasinya, ratusan buruh ini juga menuntut upah minimum Kabupaten Deli Serdang tahun 2017. "Naikkan upah minimum Kabupaten Deli Serdang tahun 2017 menjadi 3 juta," ujar buruh Willy Agus Utomo.
 
Ratusan buruh ini menilai jika sistem kerja buruh masih sistem kerja perbudakan. "Buruh kerja keras tapi hanya diberi sistem kerja perbudakan yaitu sistem kerja outsourcing dan  sistem borongan," tegas buruh.
 
Bahkan menurut buruh pengawasan pemerintah terhadap pelaksanaan UU Ketenagakerjaan di perusahaan pabrik lemah. "Rakusnya pengusaha hitam dan lemahnya pemerintah dalam melakukan fungsi pengawasannya dan melindungi buruh. Penguasa-penguasa negri ini adalah perwakilan-perwakilan pengusaha.Tidak ada di antara para pejabat mewakili buruh, mereka semua adalah penipu," ujar buruh.
 
Buruh juga menuntut agar sistem kerja outsourcing, kontrak, harian lepas, borongan di Kabupaten Deli Serdang dan tetapkan menjadi pekerja tetap (PKWTT). "Cabut PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan yang menyengsarakan buruh," kata buruh.
 
Selain demo ke Kantor Bupati Deli Serdang, sebagian buruh juga mendatangi Polres Deli Serdang untuk mengadukan pihak PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart).Namun masih hanya sebatas konseling (lisan). "Polres Deli Serdang akan melakukan penyelidikan," ungkap Willy Agus Utomo. (BS05)

Tag:AlfamartDPRD Deli Serdang