Peristiwa

Ranperda PUD Pasar Mulai Dibahas


Ranperda PUD Pasar Mulai Dibahas
BERITASUMUT.COM/BS07
Beritasumut.com-Anggota DPRD Medan yang tergabung di Panitia Khusus (Pansus) bersama jajaran Direksi PD Pasar Medan, mulai menggelar rapat perdana tentang Ranperda Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Medan di ruang banggar Gedung DPRD Medan, Rabu (10/10/2018). Ranperda diyakini akan mampu pengembangan perusahaan pasar lebih mandiri dan berinovasi soal permodalan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
Rapat yang dipimpin Ketua Pansus Hendra DS, dihadiri sejumlah anggota pansus dan jajaran Direksi PD Pasar sepakat melahirkan Perda yang mampu menguatkan  wewenang perusahaan mengelola lebih baik. Perubahan Perda dari PD Pasar ke PUD Pasar bertujuan mengelola dan menata pasar lebih baik. Menurut Hendra DS, dengan Perda yang baru dupastikan akan menguatkan hak dan wibawah Direksi PD Pasar melakukan kebijakan pengelolaan aset dan permodalan. "Kita berharap PD Pasar dapat mandiri mengelola aset. Masalah permodalan tetap didorong berinovasi melakukan pengembangan dan mendapatkan sumber PAD," ujarnya.
 
Sementara itu Dirut PD Pasar R Sinuraya mengatakan, melalui perubahan Perda diharapankan, PD Pasar dapat lebih luas memiliki wewenang mengelola pasar serta pedagang. "Kami ingin memiliki wibawa dan martabat. Perusahaan agar punya wibawa. Kami ingin melakukan pembinaan pedagang dan pegawai dari bawah. Dukung dan bimbinglah kami, awasi serta arahkan," katanya.
 
Di sisi lain, dia mengharapkan dalam penetapan Perda nantinya agar dimasukkan pasal yang mengatur larangan berjualan ayam atau ikan di pinggir jalan depan pasar. Sebab, selama ini jenis dagangan itu terbukti menjadikan pasar jorok dan kumuh. "Kita berkomitmen akan menjadikan pasar yang bersih dan modern. Maka jenis dagangan seperti itu akan ditentukan kita lokasi dan tempatnya," tukasnya. (BS07)

Tag:DPRD MedanPD PasarPUD PasarPansus PDPasarPemko MedanRanperda