Rabu, 20 November 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Rakorwil Aptikom Wilayah 1 Sumut-Aceh Digelar di IT Del

Rakorwil Aptikom Wilayah 1 Sumut-Aceh Digelar di IT Del

Selasa, 26 Agustus 2014 20:27:00
BAGIKAN:
Rakorwil Aptikom Wilayah 1 Sumut-Aceh. (Ist)
Laguboti, (beritasumut.com) – Rakorwil Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) Wilayah 1 Sumatera Utara (Sumut)-Aceh Tahun 2014 ini dilaksanakan di Institut Teknologi Del, Sitoluama, Laguboti, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat-Sabtu (22-23/8/2014).

Rakorwil dirangkai dengan Seminar Nasional Ilmu Komputer (Snikom) yang mengambil tema “"Towards the functioning of societally enhancing ICT system". Seminar teknologi informasi menampilkan 4 orang keynote speaker yaitu Dr Ir Bogie Soejatmiko Eko Tjahjono MSc (Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI),  Ir Djoko Agung H (Staf Ahli Sosial Budaya Kemkominfo RI) dan Dr Ir Inggriani Liem (Koordinator Pembinaan TOKI dan Dosen STEI ITB).

Wakil Ketua Aptikom Dr Zakarias Situmorang MT dalam sambutannya yang sekaligus membuka rakorwil mengatakan, rakorwil kali ini untuk menentukan arah kebijakan dan kontribusi yang akan diberikan dalam pembangunan sumber daya manusia antara pemerintah dan industri serta melakukan kerjasama dalam bentuk nota kesepahaman (MoU) dengan tiga pemerintah daerah yakni Pemkab Tobasa, Pemkab Humbang Hasundutan dan Pemkab Samosir, lalu melakukan pemilihan perguruan tinggi yang akan menjadi tuan rumah dalam Mukerwil Tahun 2015 yang mengagendakan pemilihan pengurus baru untuk periode 2015-2020.

Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Aptikom Dr Poltak Sihombing, Janner Simarmata ST MKom bersama pengurus Aptikom lainnya serta perwakilan PTN/PTS se Sumut.

Rektor IT Del Prof Robert Saragih dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya kepada IT Del untuk menjadi tuan rumah. Untuk itu segenap sivitas akademika IT Del mengucapkan terima kasih banyak kepada pengurus Aptikom atas kepercayaan ini. Sebagai tuan rumah, IT Del akan berusaha semaksimal mungkin agar acara yang demikian penting ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Melalui rakorwil ini tentu akan diambil keputusan-keputusan strategis yang dapat memicu kemajuan bersama di wilayah ini sehingga semua anggotanya mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Demikian juga dalam Snikom dapat berbagi hasil-hasil penelitian yang sudah dilakukan masing-masing anggota Aptikom dan diharapkan dapat menjalin kejasama penelitian,” pungkas Robert.

Dalam seminar tersebut diundang perwakilan dari Pemerintah Kabupaten wilayah Tapanuli yang membidangi Komunikasi dan Informatika dan perwakilan industri yakni Edison Tamba (PT Telkomsel), Kepala Dinas Perhubkominfo Kabupaten Toba Samosir yang diwakili Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Sesmon TB Butarbutar MSi, Kepala Dinas Perhubpar Kabupaten Humbang Hasundutan yang diwakili Kabid Infokom Dedy Situmorang MSi dan Kepala Dinas Perhubparkominfo Kabupaten Samosir yang diwakili staf bidang Kominfo Adven Siahaan untuk memaparkan “Harapan Pemerintah Daerah dalam Implementasi dan Pemberdayaan TIK”.

Dalam sambutannya Ketua Pelaksana Rakorwil dan Senimar Dr Arnaldo Marulitua Sinaga yang juga Dosen IT Del mengatakan bahwa  pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 25 perguruan tinggi negeri dan swasta dari Medan, Yogyakarta, Jakarta dan Bandung serta melaksanakan kegiatan Kompetisi Keamanan Jaringan (Death Match Tournament) selama 5 jam yang dilaksanakan oleh Cyber Security Research Group (CSRG) IT Del, dan diakhir acara rakorwil dan seminar seluruh peserta ikut dalam tur Danau Toba dengan menggunakan kapal menuju Tipang Mas yang berada di Desa Tipang, Kecamatan Batikraja, Humbahas. (BS-001)
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 5 tahun lalu

    86 Mahasiswa Lulusan IT Del Diwisuda

    Tobasa, (beritasumut.com) – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Tengku Erry Nuradi mengimbau mahasiswa Institut Teknologi Del (IT Del) untuk t

  • 5 tahun lalu

    CSRG IT Del Gelar Kompetisi Keamanan Jaringan

    Laguboti, (beritasumut.com) – Cyber Security Research Group (CSRG) Institut Teknologi Del menggelar Kompetisi Keamanan Jaringan yang diikuti berbagai

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.