Peristiwa

Raker Sekda se-Sumut, Sabrina Berpesan Harus Tanggap dengan Perkembangan Terkini

Raker Sekda se-Sumut, Sabrina Berpesan Harus Tanggap dengan Perkembangan Terkini
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Sekretaris Daerah (Sekda) memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Setidaknya, ada tiga fungsi mendasar yang menjadi tugas Sekda, yakni membantu kepala daerah membuat kebijakan, mengkoordinasikan program pembangunan, dan pembinaan terhadap aparatur.
 
Hal ini disampaikan Sekda Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ir Hj R Sabrina MSi saat membuka Rapat Kerja (Raker) Sekda se-Sumut sekaligus Raker Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Sumut, Senin (14/10/2019), di Lepolonia Hotel and Convention Medan, Jalan Sudirman, Medan Polonia. "Perubahan dan perkembangan dunia saat ini juga banyak mempengaruhi kita di dunia pemerintahan. Istilah e-government salah satu bentuk kecil pengaruh perekmbangan teknologi dan masih banyak di masa depan. Untuk itu, kita haru tanggap dan mampu merespon perkembangan tersebut," ujar Sabrina.
 
Salah satunya sebagai pembina aparatur negara, Sekda harus mampu merespons fokus pembangunan nasional saat ini yaitu SDM Unggul Indonesia Maju. Begitu pula dengan menyinergikan fokus-fokus pembangunan pusat tersebut dengan visi misi Pemprov dan di daerah-daerah kabupaten/kota se Sumut. "Sehingga ada keharmonisan dan sinergi nantinya dalam mengelola pelaksanaan tugas dan fungsi sesuai konteks yang dihadapi pada era globalisasi dan regulasi saat ini," tuturnya.
 
Adapun beberapa pembahasan urgen yang disarankan oleh Sabrina untuk menjadi fokus diskusi dalam raker yakni pembahasan program-program kerja, pembahasan upaya menghindari duplikasi tugas dan upaya mencegah pemborosan, pembahasan upaya menjaga kondusifitas, kontribusi sistem pemerintahan berbasis elektronik (spbe) untuk reformasi birokrasi, dan hal-hal berkembang yang dianggap penting untuk dikonsolidasikan. "Saya harap raker diikuti dengan serius. Kesempatan seperti ini sangat langka bagi sekda karena kesibukan di kantor. Saya apresiasi sekali para sekda kabupaten/kota yang menyisihkan waktu untuk mengikuti raker, semoga bermanfaat bagi kita dan Sumut kita ini," kata Sabrina mengakhiri sambutan pembukaan raker.
 
Sementara itu, Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Setdaprov Sumut Faisal Hasyrimi selaku ketua panitia pelaksana menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya raker Sekda dan Forsesdasi Komwil Sumut adalah untuk bersinergi dalam mengelola pelaksanaan tugas dan fungsi serta menyamakan program dan kegiatan antara provinsi dan kabupaten/kota se Sumut. "Metodenya adalah penyajian materi, diskusi dan tanya jawab. Peserta yang kita hadirkan adalah 33 Sekda se Sumut, dan 33 Kabag Organisasi kabupaten/kota se Sumut," ungkap Faisal.
 
Raker dilaksanakan selama dua hari yakni 14 dan 15 Oktober 2019. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Ketua Umum DPP Forsesdasi dan Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana Kemendgari RI. Turut hadir dalam Raker tersebut Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu M Fitriyus dan yang mewakili BKD Provinsi Sumut. (BS03)