Peristiwa

Puncak Pemudik di Sumut Diprediksi Terjadi Pada 4 Juli 2016


Puncak Pemudik di Sumut Diprediksi Terjadi Pada 4 Juli 2016
Beritasumut.com/Ist
Masyarakat saat mudik lebaran

Beritasumut.com-Puncak pemudik di hari Lebaran tahun diperkirakan terjadi pada tanggal 4 Juli 2016 dan puncak arus balik 10 Juli 2016. Sedangkan ketersediaan sarana angkutan umum dari Sumut untuk pemudik sangat cukup. Untuk angkutan umum/darat ada 50.034 tempat duduk, sementara permintaan 48.311 tempat duduk, angkutan kereta api yang tersedia sebanyak 19 ribu tempat duduk, sedangkan permintaan sekitar 17 ribu.

"Angkutan laut yang disiapkan 6.700 tempat duduk, sedangkan permintaan 5.010 tempat duduk, pesawat udara yang tersedia 29.872 tempat duduk, permintaan sebanta 25.552 tempat duduk," ujar ujar Kadishub Sumut Anthony Siahaan..

Dia juga mengimbau, para pemudik untuk mentaati peraturan lalu lintas, jangan konsumsi miras dan zat psikotropika, periksa kesehatan, kelaikan kendaraan yang digunakan dan istrihat.

"Kita menyiapkan tempat istirahat di jembatan timbang yang akan alih fungsikan menjadi posko dan tempat istriharat. Truk tidak boleh beroperasi lagi mulai H-5 sampai H+3. Kita periksa kendaraan umum di terminal dan periksa urin kru-nya, apakah menggunakan narkoba atau tidak," tuturnya.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Bina Marga untuk menempatkan alat berat beserta SDM dan bahan bakar minyak-nya di lokasi rawan longsor. "Kalau rawan macet itu di jalur Medan-Tebingtinggi dan Medan-Karo," pungkasnya.(BS03)

 


Tag: