Selasa, 28 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Proses Penyediaan Katering Jemaah Haji di Saudi Sudah Selesai

Proses Penyediaan Katering Jemaah Haji di Saudi Sudah Selesai

Minggu, 07 Mei 2017 15:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Penyedia katering Madinah sedang menandatangani kontrak.
Beritasumut.com-Ketua tim penyediaan katering jemaah haji Indonesia Arsyad Hidayat mengatakan bahwa proses penyediaan katering di Arab Saudi sudah selesai."Alhamdulillah seluruh penyediaan katering di empat lokasi sudah selesai semuanya," ujar Arsyad dilansir dari laman resmi kemenag.go.id, Minggu (07/05/2017).
 
Menurut Arsyad, tim penyediaan katering telah memilih 28 perusahaan di Makkah, delapan di antaranya adalah perusahaan yang telah dikontrak pada musim haji tahun lalu atau repeat order (RO). Selain itu, ada 13 perusahaan di Madinah dan tujuh di antaranya adalah repeat order."Untuk Masyair (Arafah, Muzdalifah, dan Mina), kami sudah mengontrak 18 penyedia di mana 16 di antaranya adalah RO. Sedangkan untuk di Jeddah, tim telah mengontrak satu perusahaan penyedia katering," terangnya.
 
Arsyad mengatakan, RO atau kontrak ulang bagi beberapa perusahaan didasarkan pada hasil penilaian Tim Pengawas Katering musim haji tahun lalu. Mereka adalah perusahaan yang dinilai dapat melakukan tugas pelayanannya dengan baik dan tidak ada catatan pelanggaran yang dilakukan.
 
"Ada kriteria ketat untuk penilaian RO baik saat produksi maupun distribusi.Tiga penyedia katering terbesar di Makkah adalah dapur al Hussam, al Ahmadi dan Raghaib. Sedang tiga penyedia terbesar di Madinah adalah dapur al Andalusia, al Ahmadi, dan Yasirah," sebutnya.
 
Arsyad menambahkan, layanan katering di Madinah mulai berjalan sejak awal kedatangan jemaah haji di Arab Saudi sampai jemaah meninggalkan Madinah. Pasca puncak haji, layanan katering di Kota Nabawi ini akan diberikan sejak jemaah tiba dari Makkah sampai jemaah kloter terakhir meninggalkan Madinah menuju Tanah Air.
 
Untuk layanan katering di Makkah, akan diberikan sebanyak 25 kali makan (12 hari), termasuk makan selamat datang bagi jemaah yang datang dari Madinah dan makan selamat jalan bagi jemaah yang meninggalkan Makkah menuju Madinah.
 
"Ini evaluasi tahun sebelumnya. Tahun lalu, awal kedatangan dari Madinah, jemaah tidak menerima katering padahal mereka harus melaksanakan umrah kedatangan. Tahun ini diadakan katering selamat datang sehingga jemaah tidak perlu lagi memasak pada awal kedatangan dan bisa langsung melaksanakan Umrah," ungkapnya.
 
Musim haji tahun 1436H/2015M diwarnai dengan musibah kebakaran di salah satu kamar pemondokan jamaah haji Indonesia. Kebakaran yang menghanguskan seisi kamar (801) di lantai 8 hotel Hotel Sakkab Al Barakah, Aziziah, ini terjadi karena rice cooker lupa dimatikan pada saat penghuni kamar melaksanakan umrah qudum (kedatangan).(BS02)
T#g:Arab Saudijamaah hajiKatering HajiMekkahHaji
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 hari lalu

    Komisi A DPRD Tapteng Akan Hibahkan Asrama Haji ke Kemenag

    Beritasumut.com-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) H Iwan Zulhami SH MAP diwakili Kabid Penais Zakat

  • 4 hari lalu

    7500 Siswa dan Guru MDTA Deli Serdang Ikuti Manasik Akbar ke-8

    Beritasumut.com-Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri Manasik Haji Akbar siswa-siswi MDTA se Kabupaten Deli Serdang.S ebanyak 6.000 sant

  • 6 hari lalu

    Rekrutmen Petugas Haji, Menag Pesankan yang Amanah dan Bertanggung Jawab

    Beritasumut.com-Kementerian Agama (Kemenag) RI akan merekrut Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1441H/2020M. Menag Fachrul Razi mengingatkan

  • satu minggu lalu

    Pertama di Sumut, RSUP Haji Adam Medan Malik Miliki Poliklinik Khusus Gagal Jantung

    Beritasumut.com-Berada di Instalasi Pusat Jantung Terpadu (PJT), Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, Medan, akhirnya memiliki Polikilini

  • 2 minggu lalu

    Dirjen PHU Kemenag Minta Masyarakat Laporkan Bila Ada Pungli untuk Layanan Haji

    Beritasumut.com-Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nizar Ali meresmikan Pusat Layanan Ha

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.