Minggu, 22 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Program TMMD ke-105 Kodim 0415/Bth Tepat Sasaran dan Sesuai Kebutuhan

Program TMMD ke-105 Kodim 0415/Bth Tepat Sasaran dan Sesuai Kebutuhan

Sabtu, 27 Juli 2019 16:10:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Tim Pengawas dan Evaluasi Markas Besar TNI AD (Wasev Mabesad) dipimpin oleh Kasahli Kasad Mayjen TNI Arif Susilo, didampingi Pabandya 2/Anev Letkol Arm Budi Wahyono SH, beberapa waktu melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Korem 042/Garuda Putih. Tepatnya di Kodim 0415/Bth, dalam rangka meninjau langsung program TMMD ke-105 yang berada di Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, provinsi Jambi.
 
Dandim 0415/Bth Letkol Inf Widi Rahman SH MSi, sekaligus Dansatgas TMMD ke-105 Kodim 0415/Bth dalam paparannya menyampaikan bahwa TMMD adalah suatu sektor non sektoral yang dilaksanakan secara terpadu atas kerja sama dengan Pemkab Batanghari dan unsur terkait. "Dukungan dari Pemda setempat diantaranya bantuan anak ayam, obat-obatan, bibit pohon, kursi roda, dan tongkat tuna netra sangat membantu. Manfaat program TMMD ke-105 Kodim 0415/Bth sangat membantu meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat setempat yang sebagian besar mata pencariannya sebagai penyadap karet,” ungkapnya melalui siaran pers, Sabtu (27/07/2019).
 
Dijelaskannya, program fisik dan non fisik secara demografi daya masih tergolong desa tertinggal, sasaran fisik pembuatan jalan baru 3 km x 12 m, pembuatan jembatan 2 unit, sasaran non fisik penyuluhan kesehatan dan penyuluhan dinas sosial, bela negara, penyuluhan hukum, bantuan tambahan pemasangan keramik di mushola dan pembuatan pos ronda pembuatan jalan sekitar 50%, untuk pekerjaan jembatan sekitar 50% sekitar 2 unit, dan pekerjaan bedah rumah sekitar 50%.
 
Tim Wasev Mabesad memberikan apresiasi program TMMD ke-105 Kodim 0415/Bth yang dipaparkan oleh Dansatgas. Program-program tersebut sudah tepat sasaran dan sesuai kebutuhan warga masyarakat yang berada di Desa Ladang Peris.
 
Mayjen TNI Arif Susilo mengatakan bahwa paparan yang disampaikan Dandim 0415/Bth terkait masih adanya warga masyarakat dari sisi ekonomi yang berpenghasilan rendah, TNI akan membantu dengan tenaganya. “Bila mereka sejahtera tentunya sudah mampu memenuhi kebutuhan hidupnya baik sandang, pangan dan papan,” ucapnya.
 
Yang memiliki anggaran, sambung Arif, adalah Pemda sebagai amanat Undang-Undang Pemerintah Daerah Nomor 32 dan ada revisi-revisi undang-undang. Tanggung jawab pemuda itu di bidang keamanan, Pemda bertanggung jawab mengkolaborasikan semua ketertiban masyarakat dan kesejahteraan rakyat. Pemda dalam hal pembangunan diwilayahnya melaksanakan koordinasi dengan TNI dan Polri dalam konteks pembangunan di wilayah. Pertahanan wilayah harus berkolaborasi dan itu tidak boleh dilepaskan,” terangnya.
 
Sementara itu, Kasahli Kasad juga mengingatkan agar tidak melakukan hal-hal tanpa berkoordinasi sebelumnya dan adanya proses saling mengisi. Dalam hal ini menjadi tugas pokoknya TNI yang dalam konteks pertahanan pulau besar dan rangkaian pulau kecil untuk menghadapi ancaman. “Menyiapkan kemampuan itu bersama rakyat, maka TNI kuat dan tidak akan mampu tanpa itu semua,” katanya.
 
Menurutnya, Kepala Daerah bertanggung jawab dan TNI-Polri instansi vertikal pusat yang berada di daerah sebagai bentuk keberadaan pemerintah pusat bahwa adanya aparatur negara di daerah itu dalam bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Harus sama-sama saling membantu dan berkoordinasi, dan untuk rakyat jangan kita bekerja untuk diri sendiri,” pungkasnya. (Rel)
T#g:jambiKodim 0415/BthKodim 0415 BthPemkab BatanghariProgram TMMDTNI ADTNI-AD
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 minggu lalu

    Bawa Narkoba di Bus Rapi Tujuan Jambi, Pria Ini Ditangkap Polres Asahan

    Beritasumut.com-Tim preventif bentukan Sat Res Narkoba Polres Asahan yang kerap disebut Tim Paus, kembali beraksi. Tim Paus dikenal dengan sinergi

  • satu bulan lalu

    56 Perwira Tinggi TNI Terima Mutasi dan Promosi Jabatan

    Beritasumut.com-Mutasi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier Perwira Tinggi, guna mengoptimalka

  • 2 bulan lalu

    TMMD Kodim 0415/Bth Makin Mempererat Hubungan Prajurit TNI dan Masyarakat

    Beritasumut.com-Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Reguler ke-105 Kodim 0415/Bth tahun 2019 bersama masyarakat Desa Ladang Peris, Kecama

  • 2 bulan lalu

    Pegang Tongkat Komando, Bocah Kelas 2 SD Kelak Ingin Jadi Dandim

    Beritasumut.com-Usai menerima dan menyerahkan kembali Tongkat Komando Militer, Dwi bocah Kelas 2 SD mengatakan bahwa dirinya kelak ingin menjadi Ko

  • 3 bulan lalu

    Korem 083/Baladhika Jaya: Wujudkan Pertahanan Negara

    Beritasumut.com-Kemanunggalan antara TNI dan rakyat merupakan salah satu komponen terpenting dalam menjaga keutuhan sekaligus kedaulatan negara. TN

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.