Peristiwa

Program Indonesia Pintar Beri Bantuan 131.350 Siswa SMA di Sumut

Try Try
Program Indonesia Pintar Beri Bantuan 131.350 Siswa SMA di Sumut
Beritasumut/Ilustrasi
Program Indonesia Pintar
Beritasumut.com-Program Indonesia Pintar (PIP) yang juga merupakan program pemerintahan Jokowi-JK memberikan bantuan pendidikan sekitar 131.350 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Utara. 

"Bantuan dana pendidikan tersebut telah kita salurkan kepada penerima dengan total senilai Rp 94.602.000.000 yang diperuntukan selama satu tahun," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Sumut, August Sinaga di kantor Disdiksu Jalan T Cik Ditiro Medan.
 
Penerima PIP tersebut diusulkan dari pihak sekolah, melalui Dinas Pendidikan kabupaten dan kota yang pendaftarannya menggunakan sistem cara online.Untuk setiap penerima PIP akan memperoleh bantuan pendidikan sebanyak Rp 1.000.000 yang pencairan dana melalui surat keterangan PIP dari sekolah diambil langsung ke Bank.
 
Diakuinya masalah selama ini adalah pendaftaran menggunakan media online yang belum banyak dikuasai masyarakat. Hal ini menyebabkan terhambatnya pembaruan data, sehingga pembaruan data terpaksa harus disempurnakan kembali.Sasaran penerima PIP disulkan pihak sekolah melalui dinas pendidikan kabupaten/kota ke direktorat teknis di Kemendikbud dengan syarat antara lain peserta didik pendidikan formal, terdaftar sebagai peserta didik pada sekolah dan terdaftar dalam Dapodik sekolah.
 
"Calon penerima PIP berasal dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang masuk ke dalam aplikasi Dapodik. Data ini sekaligus berfungsi sebagai data usulan siswa calon penerima dari tingkat sekolah ke dinas pendidikan kabupaten/kota dan direktorat teknis," ungkapnya.(BS02)