Kamis, 23 Januari 2020
  • Home
  • Peristiwa
  • Presiden Jokowi: Mestinya Media Mainstream Luruskan Berita Hoax

Presiden Jokowi: Mestinya Media Mainstream Luruskan Berita Hoax

Kamis, 04 Mei 2017 11:51:00
BAGIKAN:
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, mestinya baik media mainstream maupun media online mestinya meluruskan kalau ada berita-berita yang tidak benar, ada berita-berita yang bohong atau hoax, ada ujaran-ujaran yang tidak baik. Sehingga, masyarakat menjadi tercerahkan oleh pelurusan itu.
 
“Jadi masyarakat bisa membedakan mana yang berita benar mana berita yang enggak benar. Mana yang berita benar, mana yang berita bohong,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai menghadiri jamuan makan malam penghargaan Guillermo Cano World Press Freedom Day 2017, di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (03/05/2017) malam.
 
Menurut Presiden, jangan malah kalau ada berita-berita yang enggak benar malah tidak diluruskan, malah diangkat atau di viral-kan. “Itu yang menurut saya perlu kita garap bersama-sama, kabar-kabar yang tidak benar, kabar-kabar yang memfitnah, kabar-kabar yang bohong, hoax itu betul-betul bisa,” tuturnya.
 
Presiden menegaskan, wartawan itu sudah mendapatkan sebuah kebebasan yang amat sangat di dunia maupun terutama di Indonesia sebagai bagian dari dulu setelah kita reformasi. Tapi ia mengingatkan, yang namanya kebebasan itu juga ada tanggung jawabnya.
 
Sebelumnya saat memberikan sambutan pada acara tersebut, Pesiden Jokowi menguraikan bagaimana Indonesia bangkit dari krisis tahun 1997 menjadi kuat dan dinamis, dan masyarakanya demokratis. “Saya ingin mengatakan kepada Anda semua, kepada Anda semua para anggota jurnal internasional, kami tidak bisa melakukan hal ini tanpa Anda. Sekali lagi, kami tidak akan bisa melakukan hal ini tanpa Anda,” ujarnya, seperti dilansir setkab.go.id.
 
Ditambahkan Presiden, sejak era baru reformasi di akhir tahun 90-an, pers sudah memainkan perannya yang sangat penting dalam mengawal kepemerintahan yang terbuka dan memberantas korupsi serta kebebasan politik.
 
“Demokrasi itu dinamis, dan Anda adalah teman-teman Kami, dan dari media, Anda sedang membuat demokrasi lebih dari dinamis lagi,” pungkas Presiden.
 
Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menyaksikan penyerahan penghargaan kepada jurnalis berkebangsaan Swedia Dawit Isaak yang terakhir diketahui kabarnya pada 2005. Dawit meraih penghargaan atas keberanian, komitmen serta perjuangannya membela kebebasan berpendapat.
 
Dia pernah ditangkap pada September 2001 saat terjadi kericuhan kepada media. Hingga saat ini keberadaan Dawit tidak diketahui. Pihak keluarga, yang mewakili Dawit menerima penghargaan tersebut yaitu putri dari Dawit, Betlehem Isaak.
 
Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain, Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova, mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta, Menkominfo Rudiantara, dan Mensesneg Pratikno.(BS01)
T#g:WPFDhari kebebasan pershari kemerdekaan perskekerasan pers
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Kongres AJI Indonesia Tetapkan Abdul Manan dan Revolusi Riza Sebagai Ketum dan Sekjen

    Beritasumut.com-Kongres ke-10 Aliansi Jurnalis Idependen (AJI) Indonesia menetapkan Abdul Manan (Tempo) dan Revolusi Riza (CNN Indonesia) sebagai K

  • 2 tahun lalu

    Dikonfirmasi Soal Pemotongan Uang Perjalanan Dinas, Kabiro Binsos "Usir" Wartawan

    Beritasumut.com-Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) Pemprovsu Drs HM Yusuf MM menunjukkan sikap kurang terpuji dengan mengusir wartawan yang melaksana

  • 3 tahun lalu

    Penangkapan di Marindal, Oknum Polsek Patumbak Borgol dan Todongkan Senjata Kepada Khairunnas

    Beritasumut.com-Program profesional, modern dan terpercaya (Promoter) yang sudah diterapkan oleh pimpinan Polri belum sepenuhnya di jalankan oleh a

  • 3 tahun lalu

    Wartawan Metro TV Dilarang Meliput Upacara Hari Lahir Pancasila di Binjai

    Beritasumut.com-Upacara Hari Lahir Pancasila hari ini, Kamis (01/06/2017) dilaksanakan hampir seluruh Pemko/ Pemkab/ Pemprov yang ada di tanah air.

  • 3 tahun lalu

    Lagi, Wartawan Dipersulit Masuk ke Kantor Gubernur Sumut

    Beritasumut.com-Wartawan yang bertugas di lingkungan Kantor Gubernur Sumatera Utara kembali mendapat hambatan dalam menjalankan tugas peliputan. Ka

  • Copyright © 2010 - 2020 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.