Peristiwa

Polsek Medan Baru Berhasil Bongkar Sindikat Jambret di Medan, 4 Pelaku Dihadiahi Timah Panas

Polsek Medan Baru Berhasil Bongkar Sindikat Jambret di Medan, 4 Pelaku Dihadiahi Timah Panas
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Sindikat jambret jalanan yang lebih dari 24 kali beraksi di jalanan Kota Medan, berhasil dibongkar petugas Unit Reskrim Polsek Medan Baru. Sindikat jambret itu masing-masing Riski (18) warga Jalan Setia Luhur, Raqil Hendra Lesmana (21) warga Jalan Budi Luhur, Rainaldi Sahab (22) warga Jalan Kapten Muslim Medan dan Bobi Hariaod (31) warga Amal Luhur Medan. 
 
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon (JE) Isir SIK MTCP, didampingi Kapolsek Medan Baru Kompol Martuasah Tobing mengatakan, dari penggeledahan itu, pihak Kepolisian pun mengamankan puluhan dompet wanita, belasan STNK, puluhan ATM dan KTP berbagai jenis. "Hingga buku tabungan dan dua sepeda motor Satria BK 4500 AET dan 5036 AHB telah diamankan Unit Reskrim Mapolsek Medan Baru," ujarnya kepada wartawan di Mapolrestabes Medan, Sabtu (18/01/2020).
 
Diduga, para pelaku telah beraksi lebih dari 24 kali di Kota Medan dalam kejahatan jambretnya. Sedangkan satu korban bernama Rara Boru Sinaga (60) yang dihajar oleh pelaku masuk ke Rumah Sakit Umum Advent Medan. "Para korban banyak dicegat oleh pelaku di Jalan Gatot Subroto Medan," sambungnya. 
 
Sindikat jambret Kota Medan ini disinyalir sudah beraksi selama 1 tahun lebih. Yang mana semuanya mengambil tas milik para korban. Sebelum beraksi para pelaku juga menggunakan narkotika jenis sabu. "Mereka terpaksa ditembak karena melawan saat disergap di Jalan Gatot Subroto Medan," tambah Kombes JE Isir.
 
Kombes JE Isir mengaku, ada empat korban yang hadir menyaksikan penangkapan para Komplotan jambret Kota Medan. "Tidak ada tempat untuk penjahat di Sumut," tuturnya sembari berpesan agar masyarakat jangan ragu untuk melawan penjahat di Kota Medan bersama kepolisian.
 
Dalam penyelidikan, diketahui para pelaku mengambil paksa barang milik koran, banyak juga korban yang terluka. Untuk itu, para korban berharap kepada pihak kepolisian yang sudah menangkap para pelakunya dihukum setimpal. "Saya sudah ikhlas tas berisikan dua ponsel android, uang sebanyak Rp 1,9 juta dan sejumlah surat berharganya raip diembat pelaku jambret pada tanggal 14 Januari 2020 lalu. Namun para pelakunya harus dihukum berat," ujar korban Erika (34) warga Bakti luhur, Kecamatan Medan Helvetia. 
 
Amatan wartawan di lokasi, tampak keempat pelaku terlihat lemas. Lantaran ditembak oleh petugas kedua kakinya. "Dulunya saat beraksi, kini seperti anak kecil yang minta permen kepada pihak kepolisian yang ada di Polrestabes Medan," cetus korban Erika.  
 
Empat korban yang sudah melapor masing-masing Erika (34) warga Bakti luhur, Rara Boru Sinaga (60) warga Jakarta, Opung Rida (80) warga Titi Papan, Kecamatan Medan Baru, Diva Tunisia (20) warga Jalan Jamin Ginting, Gang Sarmin, Kecamatan Medan baru. Sementara korban lainnya yang belum melapor dapat menghubungi Polsek Medan Baru. (BS04)