Peristiwa

Polrestabes Medan Tangkap Sindikat Spesialis Pecah Kaca Mobil, 2 Pelaku Ditembak


Polrestabes Medan Tangkap Sindikat Spesialis Pecah Kaca Mobil, 2 Pelaku Ditembak
BERITASUMUT.COM/BS04
Beritasumut.com-Pelarian sindikat spesialis pecah kaca mobil di Medan berakhir sudah. Dua dari dari tiga orang pelaku ditembak petugas Unit Pidum Satreskrim Polrestabes Medan di berbagai lokasi.
 
Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak kepada wartawan, Selasa (14/01/2020) menuturka, ketiga pelaku yang berhasil disergap itu masing-masing Mulyadi alias Mul (50) warga Sepakat Jaya, Desa Timbangan, Kecamatan Indralaya Utara, Sumatera Selatan. Arnold Tambunan (50) warga Jalan Mawar, Kelurahan Tanjung  Gusta Medan dan Muhammad Ridwan alias Asion (48) warga Jalan Sidomulyo KM 11,5 Binjai. 
 
"Pelaku ini ditangkap terlibat mengambil uang sebanyak Rp 60 juta dari melakukan pecah kaca  mobil milik korban Hamdan Rifai Ginting (37) di Jalan  Imam Bonjol pada tanggal 13 Desember 2019 lalu," ucap AKBP Maringan Simanjuntak. 
 
Dia mengaku, keberhasilan itu berdasarkan LP/2016/K/XII/2019/SU/SPKT Sek Medan Baru atas laporan korban Hamdan Rifai Ginting warga Pintu Air IV, Gang Pribadi No 7, Kelurahan Kwala Bekala Medan. 
 
Kasat Reskrim menjelaskan, personil Sat Reskrim Polrestabes Medan di bawah pimpinan Kanit Pidum, Kasubnit Jatanras dan personil Timsus, pada tanggal 12 Januari 2020 sekitarl  pukul 02.00 WIB, team mendapat informasi bahwa seorang pelaku yang melakukan pencurian terhadap korban sedang berada di Jalan Sisingamangaraja, Gang Kasih sedang berada di sebuah rumah. 
 
Mendapat informasi tersebut team langsung bergerak menuju lokasi kemudian sesampainya di lokasi team melihat tersangka dan langsung mengamankan tersangka kemudian team melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti dan pelaku lainya. 
 
Berdasarkan keterangan dari tersangka Arnold, muncul dua nama yang juga ikut melakukan pencurian tersebut bernama Ridwan dan Mul. "Selanjutnya team melakukan pencarian terhadap kedua teman tersangka tersebut. Pada hari Minggu (12/01/2020) sekitar pukul 22.00 WIB team mendapat informasi bahwa tersangka Ridwan sedang berada di Jalan Binjai, Gang Horas. Team menuju lokasi dan menemukannya dan langsung mengamankan tersangka untuk sementara tersangka Mul tersebut belum ditemukan," paparnya.
 
Terhadap kedua tersangka dilakukan tindakan tegas terukur menembak ke arah kaki tersangka karena berusaha melarikan diri dengan cara menyerang petugas. Kemudian tersangka dibawa ke RS Bhayangkara untuk dilakukan pengobatan, lalu ke Polrestabes Medan untuk dilakukan proses lanjut. 
 
Kemudian Senin (13/01/2020) sekitar pukul 15.00 WIB, team mendapat informasi bahwa tersangka Mul akan datang ke Medan dengan menggunakan pesawat. Team langsung bergerak ke Bandara Kualanamu dan standby di sana. Sekitar pukul 16.00 WIB, team melihat tersangka Mul sedang turun dari pesawat dan langsung mengamankan tersangka.
 
Berdasarkan hasil interogasi tersangka Mul mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian di parkiran kantor DPRD Kota Medan bersama dengan dua orang tersangka lainnya yang sudah diamankan sebelumnya. "Tiga orang pelakunya sudah dijebloskan ke penjara," tandas mantan Kapolsek Percut Sei Tuan. (BS04)

Tag:PecahKaca MobilPolrestabes MedanSindikat curas