Peristiwa

Polres Pakpak Bharat Tanam Ribuan Bibit Pohon Dukung Polri Peduli Penghijauan


Polres Pakpak Bharat Tanam Ribuan Bibit Pohon Dukung Polri Peduli Penghijauan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Mendukung program Polri Peduli Penghijauan, Polres Pakpak Bharat bersama Forkopimda Pakpak Bharat melaksanakan penanaman ribuan bibit pohon, yang digelar di Lahan Kosong sekitar Mako Polres Pakpak Bharat, Selasa (14/01/2020) sekira pukul 07.30 WIB.
 
Hadir dalam aksi penghijauan tersebut Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah Parulian Sik MH, Pj Bupati Pakpak Bharat DR H Asren Nasution MA, Ketua DPRD Sony P Berutu Sth, Ketua Pengadilan Negri Ledis Meriana Bakara SH MH, Kajari yang diwakili Kasidatun Zulkarnain Harahap SH MH.
 
Dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Selasa (14/01/2020), aksi penghijauan dimulai dengan terlebih dahulu melaksanakan olahraga bersama yang diikuti seluruh Forkopimda dan anggota Polres, ASN, Pramuka Shaka Bhayangkara dan masyarakat.
 
Ketua Panita Acara, Waka Polres Pakpak Bharat Kompol Dolok Panjaitan mengatakan, dengan berolahraga bersama, selain merangkul masyarakat juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh. "Berhubung cuaca di Kabupaten Pakpak Bharat ini cukup dingin, olahraga dapat menstabilitaskan suhu tubuh sehingga menjaga kesehatan jasmani dan rohani," ujarnya.
 
Selesai olahraga bersama, seluruh hadirin ikut serta menanam 3000 bibit pohon. Waka Polres menyampaikan kepada personil yang bertugas, sebagai panitia penyerah bibit pohon agar membagikan kepada tamu yang hadir sebanyak 1 bibit kepada masing–masing tamu. "Penanaman bibit sejuta pohon ini Polres Pakpak Bharat menyiapkan 2600 bibit berupa Sawo 200 Pohon, Rambutan 400 Pohon, Durian 300 Pohon, Jambu 300 Pohon, Alpukat 300 Pohon, Mangga 200 pohon, Kuini 150 Pohon, Sirsak 200 Pohon, Kelengkeng 200 Pohon, Jeruk 150 Pohon, Duku 100 Pohon, Nangka 100 Pohon," jelasnya.
 
Disebutkannya, total jumlah bibit yang ditanam sebanyak 2600 bibit Pohon. "Bibit yang dipilih sebagai pohon yang mengandung buah-buahan tersebut, selain bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan, pohon tersebut dapat menghasilkan buah-buahan yang dapat dikonsumsi makhluk hidup," sebutnya.
 
Sementara itu, Kapolres Pakpak Bharat AKBP Alamsyah Parulian Sik MH dalam sambutannya mengatakan, program penanaman pohon dilingkungan institusi Polri selain mendukung program pemerintah, juga dilakukan menindaklanjuti program Kapolri. Yakni peduli penghijauan dilingkungan Mako Polri, asrama Polri, tanah atau lahan Polri yang masih gersang dan juga lokasi atau lahan lainnya.
 
“Kami mengaharapkan penanaman pohon yang telah dilaksanakan tidak hanya ditanam dan dibiarkan mati. Namun wajib kita pelihara sampai tumbuh subur, sehingga sangat bermanfaat bagi anak cucu kita nantinya,” kata Kapolres Pakpak Bharat.
 
Lanjut Kapolres, kualitas hidup yang baik dapat dilihat dari tempat tinggal dan lingkungan. Sejatinya memelihara lingkungan merupakan ibadah dan sebuah langkah awal membangun kehidupan. "Laksanakan program penghijauan ini dengan hati ikhlas untuk kebaikan, bukan untuk seremonial ataupun berharap pujian dari orang lain," tandasnya. (BS04)

Tag:Peduli PenghijauanPenanaman PohonPolres PakpakBharatPolri PromoterReboisasi