Peristiwa

Polres Padangsidimpuan Gelar Psikotest Kepemilikan Senjata

Polres Padangsidimpuan Gelar Psikotest Kepemilikan Senjata
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com–Polres Padangsidimpuan menggelar Ujian Psikotes sebagai persyaratan pinjam-pakai senjata api yang akan digunakan dalam bertugas. Puluhan personil mengikuti kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Gedung Adam Malik Jalan Serma Lian kosong, Kota Padangsidimpuan, Rabu (27/11/2019).
 
Tim Psikologi Biro SDM Polda Sumut, dipimpin Kompol Driya Sukmadika beserta 3 (tiga) anggota, bersama Kabag Sumda Polres Padangsidimpuan Kompol Chobli dan melibatkan Kasubag Sarpras Iptu P Pasaribu. Dalam pelaksanaan ujian tersebut, bertujuan untuk menilai kualifikasi seorang anggota dalam bertugas, selain itu memperpanjang masa berlaku surat izin pinjam pakai senpi.
 
"Ujian psikotes ini perlu dan wajib bagi polisi atau anggota pemegang senpi dinas polri," ujar Kabag Sumda Polres Padangsidimpuan Kompol Chobli, dilansir dari Tribratanews.sumut.polri.go.id, Rabu (27/11/2019).
 
Senjata api yang dipinjamkan kepada anggota digunakan saat bertugas dan ketika posisi terdesak oleh pelaku tindak kriminal, hal ini sesuai dengan Perkapolri No.8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan standar hak asasi manusia, dalam penyelenggaraan tugas Polri dan Perkapolri No.1 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.
 
Kabag Sumda Polres Padangsidimpuan menyebut sebanyak 76 personil itu berasal dari seluruh fungsi di Polres Padangsidimpuan sampai jajaran Polsek. “Tes ini intruksi pimpinan dan sangat perlu untuk mengetahui kondisi pesikis anggota yang nantinya akan membawa senpi,” tutupnya. (BS04)