Peristiwa

Polres Deli Serdang Musnahkan 2356,87 Gram Sabu dan 40 Butir Ekstasi


Polres Deli Serdang Musnahkan 2356,87 Gram Sabu dan 40 Butir Ekstasi
BERITASUMUT.COM/BS05
Beritasumut.com-Satuan Narkoba Polres Deli Serdang memusnahkan 2356,87 gram sabu dan 40 butir pil ekstasi di Aula Tribrata Polres Deli Serdang, Rabu (12/4/2017). 
 
Sebelum pemusnahan, dilakukan pengujian oleh petugas Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Medan disaksikan Kapolres Deli Serdang AKBP Robert Da Costa, Kasat Narkoba Polres Deli Serdang AKP Zulkarnain, perwakikan Kejaksaan Negeri (Kejari) Deli Serdang dan Pengadilan Negri (PN) Lubuk Pakam.
 
Kapolres Deli Serdang AKBP Robert Da Costa didampingi Kasat Narkoba AKP Zulkarnain menjelaskan pemusnahaan ini diatur dalam Pasal 91 ayat (1) dan (2) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika."Pemusnahan dilakukan untuk memutuskan jaringan peredaran gelap narkoba sehingga mempersempit ruang gerak bandar dan pelaku narkoba. Pemusnahan barang bukti ini untuk menghindari penyalahgunaan barang bukti dan menghilangkan asumsi negatif serta menyelamatkan generasi bangsa," jelas Robert Da Costa. 
 
Meskipun pihak Badan Narkotika Nasional (BNN), pihak kepolisian dan pihak terkait terus melakukan penindakan terhadap bandar dan pengedar narkoba namun peredaran narkoba tetap mengkhawatirkan bahkan Indonesia darurat narkoba.
 
AKBP Robert Da Costa menerangkan peredaran narkoba tidak pernah habis. "Peredaran narkoba tidak pernah habis sehingga mengkhawatirkan kita semua. Presiden mengatakan Indonesia darurat narkoba," terangnya.
 
Menurut Robert Da Costa, selain penindakan hukum upaya yang paling baik dan tepat untuk menekan peradaran narkoba adalah pencegahan. "Sampaikan kepada satu dua teman kita untuk menghindari narkoba, ini lebih baik daripada penindakan. Katakan tidak pada narkoba dan selalu hidup sehat," ungkapnya.
 
Robert Da Costa menegaskan asrama kepolisian dan perkantoran harus bebas narkoba. "Jika ada anggota terlibat tidak ada maaf, sanksi maksimal pemecatan," pungkasnya. (BS05)
 

Tag:ekstasiganjaNarkobaPolres Deli Serdangsabu