Peristiwa

Poldasu Buka Sayembara Perang Melawan Narkoba


Poldasu Buka Sayembara Perang Melawan Narkoba
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Manifestasi dari perang terhadap narkoba, Polda Sumatera Utara (Sumut) mengadakan sayembara. Direktur Reserse Narkoba Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung menyatakan, sayembara tersebut dilakukan dengan cara menangkap dan melaporkan siapa saja pengguna ataupun yang terlibat dalam narkoba. "Tidak hanya bagi polisi, sayembara ini juga berlaku untuk masyarakat yang dapat menginformasikan atau menangkap pelaku narkoba ke Polda Sumut," ungkapnya kepada wartawan, Jumat (24/08/2018).
 
Hendri menjelaskan, melalui sayembara ini, apabila ada masyarakat atau anggota kepolisian yang bisa memberikan informasi ataupun bisa melakukan penangkapan atau juga menyerahkan kepada petugas maka akan diberikan penghargaan. "Reward itu bisa berupa hadiah, bisa juga dalam bentuk penghargaan atau bentuk lain," jelasnya.
 
Langkah ini, sambung Hendri, sebagai bentuk meningkatkan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama memerangi narkoba. "Karena kami butuh informasi itu, selain juga narkoba merupakan musuh kita bersama," tandasnya.
 
Sebelumnya pada kesempatan yang sama, Kapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto mengingatkan, masyarakat yang belum terkontaminasi dengan narkoba agar jangan mencoba-coba. Sedangan bagi warga yang sudah terlanjur terkena, disarankannya agar segera menjalani proses rehabilitasi. Selain itu, Agus juga menegaskan, bila ada warga yang melindungi salah satu anggota keluarganyanya yang terkena narkoba hal itu juga dapat dipidana.
 
Karenanya Agus mengimbau, sebelum ditangkap, agar segera melakukan rehabilitasi bila ada anggota keluarganya yang terjerat narkoba. "Makanya sebelum ditangkap, jika ada anggota keluarga yang sudah kena narkoba segera rehab biar pulih. Kalau tidak dilaporkan, keluarganya juga bisa dijerat pidana. Itu ada undang-undangnya," tandasnya. (BS04)

Tag:Narkobaperang narkobaPoldasuSayembara