Peristiwa

Plt Walikota Medan Apresiasi Taman Sekolah dan Kebun Kreatifitas SD Kemala Bhayangkari

Plt Walikota Medan Apresiasi Taman Sekolah dan Kebun Kreatifitas SD Kemala Bhayangkari
Google
Plt Walikota Medan T Dzulmi Eldin
Medan, (beritasumut.com) – Pelaksana Tugas Walikota Medan T Dzulmi Eldin S menyambut baik dan memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan SD Kemala Bhayangkari I Medan dengan membangun taman dan kebun kreatifitas di lingkungan sekolah. Sebab, upaya yang dilakukan ini tidak hanya berdampak  kepada keasrian sekolah semata, tetapi  dampak yang lebih besar adalah mendorong kesadaran para siswa untuk belajar mencintai lingkungan, bercocok tanam dan merawat tanaman.

Menurut Eldin, membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan serta pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang, tentunya tidak dapat dibangun  dalam semalam. Perlu adanya penyadaran bertahap kepada seluruh warga sekolah, baik para siswa, guru dan penjaga sekolah agar terus menerus berkomitmen dalam menjaga lingkungannya.

Untuk mendukung langkah yang dilakukan SD Kemala Bhayangkari I ini, Eldin mengatakan Pemko Medan akan memberikan bantuan berupa mesin pencacah sampah, tong komposting dan perlengkapan lainnya yang berguna untuk manajemen sampah organik maupun organik  di sekolah tersebut.

“Dengan bantuan yang diberikan ini, kita berharap agar SD Bhayangkari I Medan dapat  memanfaatkannya dengan baik dan maksimal sehingga nantinya dapat menjadikan sekolah ini sebagai salah satu sekolah penerima penghargaan Adiwiyata baik di tingkat Provinsi Sumatera Utara maupun nasional,” kata Pelaksana Tugas Walikota Medan T Dzulmi Eldin S dalam acara peresmian penggunaan taman sekolah dan kebun kreatifitas anak SD Kemala Bhayangkari I, Medan, Rabu (15/1/2014).

Selanjutnya, Eldin menginstruksikan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Medan agar terus melakukan pembinaan kepada SD Kemala Bhayangkari I Medan agar menjadi duta sekolah kebersihan Kota Medan  untuk mengikuti seleksi Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi dan nasional.

Selain peresmian penggunaan taman sekolah dan kebun kreatifitas, acara juga dirangkaikan dengan penyerahan  bantuan infokus, mesin pendingin ruangan (AC) serta penghargaan bagi siswa berprestasi di SD Kemala Bhayangkari I Medan. Termasuk, pemberian penghargaan sebagai ucapan terima kasih kepada Kadis Pertamanan Pemko Medan Zulkifli Sitepu atas bantuan dan dukungan yang diberikan dalam pembangunan taman sekolah dan kebun kreatifitas. Penghargaan tersebut diberikan langsung Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Syarief Gunawan bersama istri Susi Syarif Gunawan selaku Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari.

Sementara itu Kapolda SUmut Irjen Pol Syarief Gunawan sangat mendukung penggunaan taman sekolah dan kebun kreatifitas tersebut. Kehadiran taman sekolah dan kebun kreatifitas otomatis mengajarkan para siswa sejak dini untuk mencintai lingkungan sekaligus mendukung kebersihan sekolah.

Dihadapan sejumlah pejabat teras di lingkungan Polda Sumut dan Kapolresta Medan Kombes Pol Nico Afinta, sejumlah Pimpinan SKPD Pemko Medan, Wakil Ketua TP PKK Kota Medan Ny Rita Maharani Eldin, Kepala SD Kemala Bhayangkari I Medan Ngadiran Hadi beserta seluruh tenaga pengajar dan orang tuan siswa, Kapolda mengungkapkan rasa prihatinnya atas maraknya penggunaan narkoba di tengah masyarakat. Meski aparat kepolisan gencar merazia narkoba namun peredaran narkoba tetap meningkat.

Untuk  menekan peredaran narkoba, Kapoldasu mengatakan harus mendapat dukungan penuh seluruh lapisan masyarakat, termasuk pihak sekolah dengan terus memberikan sosialisasi tentang bahaya dan dampak negatif yang timbul akibat penggunaan narkoba. Karenanya, Kapolda Sumut melalui Dirresnarkoba siap memberikan santiaji tentang narkoba ke sekolah-sekolah.

“Selain itu saya juga minta kepada orang tua murid dan para guru supaya berperan aktif  dengan terus melakukan pengawasan dan memberikan pemahaman terkait bahaya narkoba,” kata Kapolda.

Sebelumnya Susi Syarif Gunawan selaku Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari menjelaskan, pembangunan taman sekolah dan kebun kreatifitas ini  bertujuan untuk pengembangan potensi dan kreatifitas para siswa. Selain itu untuk meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata baik tingkat provinsi maupun nasional. Sedangkan untuk tingkat Kota Medan, SD Kemala Bhayangkari I Medan telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Sekolah.

Dalam program ke depan selanjutnya, Susi mengungkapkan bewrencana akan memasukkan bidang studi  entrepreneur dalam sekolah. Dengan begitu para siswa sejak kecil telah diajari bagaimana caranya berwiraswasta yang baik. Program ini dinilainya sangat penting, sebab sebagai modal bagi para siswa ke depan untuk menghadapi perdagangan bebas yang sudah di depan mata. (BS-001)