Peristiwa

Plt Wali Kota Medan Serahkan Zakat Program Baznas Medan ke Tunanetra dan Disabilitas


Plt Wali Kota Medan Serahkan Zakat Program Baznas Medan ke Tunanetra dan Disabilitas
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi menyerahkan Zakat kepada Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) dan Disabilitas di halaman Masjid Muttaqin, Jalan Pasar III, Kecamatan Medan Timur, Rabu (13/05/2020). Penyaluran Zakat yang merupakan Program Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penerima terlebih di tengah Pandemi Covid-19.

Penyaluran Zakat kepada 700 tunanetra dan Disabilitas ini dilakukan Plt Wali Kota Medan didampingi Ketua Baznas Medan Drs H Azwar, Wakil Ketua Palid Muda Harahap, Kadis Kominfo Zain Noval, Kabag Agama, Adlan dan Plt Kadis Perindustrian Parlindungan Nasution. Dengan mengikuti Protokoler Kesehatan, masing-masing Tunanetra dan Disabilitas mendapatkan bantuan sebesar Rp 250 ribu.

Dalam sambutannya Plt Wali Kota Medan mengajak masyarakat untuk menegakkan dan menjalankan perintah agama membayarkan zakat, khususnya penghasilan dan harta. Sebab masyarakat kurang mampu sangat berharap terhadap bantuan zakat Khususnya saudara kita Tunanetra dan Disabilitas. Semoga semangat gotong royong dan berbagi yang dilakukan seperti ini terus berdatangan dari berbagai elemen masyarakat lainnya.

Menurut Plt Wali Kota Medan, zakat dapat menjadi satu alternatif solusi pemecahan masalah kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi umat, sekaligus mewujudkan rasa keadilan sosial bagi masyarakat. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda Kota Medan banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan, tentunya bantuan ini dapat diberikan melalui zakat.

"Terima kasih kepada Baznas Medan yang telah menghimpun zakat dari masyarakat dan dibagikan kepada saudara kita yang membutuhkan Khususnya tunanetra.Untuk itu bagi masyarakat yang mampu mari kita mengeluarkan zakat, apalagi Ditengah wabah Covid-19 banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan kita," kata Plt Wali Kota Medan.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Medan, Drs H Azwar menjelaskan, zakat yang diserahkan kepada 700 Tunanetra dan Disabilitas ini diharapkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Penyaluran akan dilaksanakan hingga Sabtu (16/05/2020). Khusus di Masjid Muttaqin, bantuan yang diberikan untuk 309 orang dengan perincian tunanetra yang tergabung dalam Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) sebanyak 187 oprang, Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) 84 orang serta penyandang disabilitas 38 orang.

"Selain itu zakat akan disalurkan ke sejumlah masjid, diantaranya Masjid Umar Bin Khatab dan Mushala Almawadah di kecamatan Medan Helvetia, serta Masjid Perjuangan, Al Hasanah, Al Amin di Kecamatan Medan Perjuangan. Zakat yang diberikan itu nantinya berupa paket berisikan beras sebanyak 10 kg, 2 kg gula pasir, 50 sachet bubuk teh, 2 kg minyak goreng serta uang sebesar Rp 125 ribu," pungkasnya.(BS09)


Tag:COVID 19COVID-19COVID 19COVID-19CoronadisabilitaslebaranMudikPlt Wali Kota MedanTunanetrazakatIdul Fitri