Peristiwa

Plt Wali Kota Medan Buka Raker Program Pembangunan Kota Medan 2020, Tekankan Identitas Peradaban Kota

Try Try
Plt Wali Kota Medan Buka Raker Program Pembangunan Kota Medan 2020, Tekankan Identitas Peradaban Kota
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi membuka Rapat Kerja (Raker) pelaksanaan Program Pembangunan Kota Medan tahun 2020, di Hotel Grand Aston Medan, Senin (03/02/2020). Raker Pemko Medan ini bertema "Mengoptimalkan Kinerja Pembangunan dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Ruang Kota, Pelayanan Publik dan Pendapatan Daerah."
 
Untuk mencapai tema tersebut, Plt Wali Kota Medan mengatakan harus dibangun peradaban kota yaitu sebuah peradaban dimana tatanan masyarakat, struktur pemerintahan dan struktur kota tertata dengan baik. Sehingga semua rakyat dapat hidup damai, aman, tertib, bahagia, saling menghargai dan dapat menikmati fasilitas kota.
 
Karena itu sebagai pemegang amanah, Plt Wali Kota Medan meminta agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan menjadi motor penggerak pembangunan peradaban tersebut. "Dalam membangun peradaban kota modal terbesarnya adalah aparatur pemerintah. Karena itu sebagai ASN anda memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk menjadi motor penggerak dalam membangun peradaban tersebut," kata Ir H Akhyar Nasution MSi, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Senin (03/02/2020).
 
Tidak hanya itu, Plt Wali Kota Medan juga mengajak seluruh ASN di Pemko Medan agar ikut menata kota ini dengan slogan "Yok Bikin Cantik Medan". Apabila kota ini cantik maka akan banyak wisatawan yang datang ke Kota Medan sekaligus juga dapat meningkatkan derajat kebahagiaan masyarakat. "Kalau kota kita cantik maka akan banyak orang yang mau datang ke Kota Medan, dengan begitu akan terjadi perputaran ekonomi yang semakin cepat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita," lanjut Plt Wali Kota Medan.
 
Plt Wali Kota Medan juga mengatakan membangun peradaban kota ini salah satunya ialah melalui jalan budaya, sebab budaya merupakan identitas sesungguhnya yang dimiliki Kota Medan. "Kota Medan memiliki banyak budaya dan ciri khas tersendiri salah satunya yaitu bahasa. Selain itu kita juga memiliki kekayaan kuliner dan kawasan heritage yang dapat dibanggakan. Inilah yang harus kita jaga agar kota Medan tidak kehilangan identitasnya," sebutnya lagi.
 
Dalam rapat kerja ini, Plt Wali Kota Medan juga menyampaikan beberapa evaluasi penilaian pelayanan publik terhadap sejumlah OPD, Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemko Medan. Evaluasi penilaian tersebut diharapkan dapat menjadi ikhtibar bagi semua untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya. "Ini harus menjadi koreksi bagi kita semua agar kita mau melakukan perbaikan ke arah yang lebih baik lagi," pesannya.
 
Selain evaluasi tersebut, Plt Wali Kota Medan juga mengapresiasi karena laporan keuangan Pemko Medan sudah selesai pada bulan Januari 2020 begitu pula halnya dengan DPA (Dokumen Pelaksana Anggara) di masing-masing OPD juga sudah selesai dengan begitu OPD sudah dapat menjalankan program kerjanya. "Ini harus kita apresiasi karena penyelesaian laporan keuangan kita sudah selesai lebih cepat dari sebelumnya," pungkasnya.
 
Sebelumnya dalam laporan panitia yang disampaikan Kepala Bappeda kota Medan, Ir Irwan Ritonga MSi menjelaskan, rapat kerja ini secara rutin dilakukan Pemko Medan dengan tujuan untuk mengkoordinasikan pelaksanaan program dan kegiatan tahunan agar lebih menjamin tercapainya target pembangunan. "Selain itu juga guna memastikan kegiatan yang ada di OPD dapat dilaksanakan dengan tepat waktu dan tepat sasaran," kata dihadapan pimpinan OPD, Dirut Rumah Sakit, Dirut Perusahaan Daerah, Camat dan juga Lurah. (BS09)