Peristiwa

Pilot Pesawat Asing Yang Dipaksa Mendarat di Medan Masih Diproses


Pilot Pesawat Asing Yang Dipaksa Mendarat di Medan Masih Diproses
Pesawat yang dipaksa mendarat. (Dok)
Medan, (beritasumut.com) Pilot pesawat asing yang dipaksa turun di Lanud Soewondo, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Heinz Peier (65) masih menjalani pemeriksaan.

Pesawatnya juga masih tertahan di posisi semula.Pesawat Swearingen SX 300 itu masih terparkir di taxi way bekas Bandara Polonia.

Namun pesawat berwarna merah itu tidak lagi dijaga petugas. Sebelumnya, pesawat itu dikawal sejumlah personel Paskhas TNI AU bersenjata lengkap.

Sementara itu, Heinz Peier tidak lagi berada di gedung VIP eks Bandara Polonia. Tapi Warga Negara Swiss itu masih diproses.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan TNI AU Lanud Soewondo Kapten Sudjarwoko mengatakan, Heinz Peier masih diproses. Pihaknya hanya akan melaksanakan perintah dari pusat.

"Pada prinsipnya, TNI AU khususnya Lanud Soewondo, jika seluruh proses, termasuk proses diplomatik, pengurusan flight clearance, keimigrasian dan dari administratur bandara, sudah selesai, maka kami akan bertindak sesuai perintah," katanya.

Seperti diberitakan, 2 unit pesawat F-16 TNI AU memaksa turun pesawat Swearingen SX 300 yang memasuki wilayah udara Indonesia di sekitar pantai barat Pulau Sumatera, Kamis (10/4/2014) siang. Pesawat yang dipiloti Heinz Peier itu pun harus landing di Lanud Soewondo. (BS-001)

Tag:Pilot