Peristiwa

Perkuat Nilai-Nilai Kebangsaan Pengusaha, Kadin Gandeng Lemhannas


Perkuat Nilai-Nilai Kebangsaan Pengusaha, Kadin Gandeng Lemhannas
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Pengusaha merupakan salah satu komponen bangsa yang sangat penting peran dan posisinya dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan. Karena itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar pelatihan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi kalangan pengusaha dengan menggandeng Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas)
 
Dalam siaran pers Kadin Indonesia, Senin (21/10/2019), disebutkan, dalam sambutannya pada kegiatan tersebut, Ketua Kadin Indonesia Rosan P Roeslani, mengatakan, dalam lingkungan strategis ekonomi global dan nasional yang serba tidak menentu, upaya-upaya untuk memantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai kebangsaan merupakan suatu keharusan untuk menghadapi berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam negeri.
 
"Apabila tidak diwaspadai akan berpotensi menjurus ke situasi konflik dan perpecahan yang tentunya akan berdampak negatif terhadap stabilitas perekonomian dan pembangunan bangsa," katanya.
 
Terlebih, katanya, di tengah berbagai masalah yang masih mewarnai ekonomi Indonesia, diantaranya masih adanya defisit neraca berjalan, defisit neraca perdagangan, defisit anggaran belanja, di samping belum terselesaikannya secara tuntas masalah kemiskinan, lapangan kerja dan ketimpangan.
 
"Ke depan kita akan berusaha keras untuk meningkatkan kinerja ekspor, arus investasi, mendorong industri terutama industri ekspor, dan tidak kalah pentingnya meningkatkan pariwisata. Untuk mendukung semua usaha itu, upaya meningkatkan daya saing ekonomi menjadi sangat krusial, terutama dengan melakukan perombakan struktural. Sehingga, diperlukan stabilitas politik dan keamanan dengan menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.
 
Bagi pengusaha, tambah Rosan, pengamalan melalui pemantapan nilai-nilai kebangsaan menjadi sangat penting karena para pengusaha merupakan komponen inti penggerak pertumbuhan ekonomi yang kegiatannya akan berdampak langsung terhadap dinamika dan kemajuan ekonomi, yang pada gilirannya juga akan berdampak ke bidang sosial, politik dan keamanan.
 
Salah seorang pengusaha asal Medan yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut, Arman Chandra, mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut sangat penting artinya bagi pengusaha dalam hal memantapkan kegiatan usaha yang berkomitmen meningkatkan penguatan nilai-nilai kebangsaan.
 
"Pengusaha tentunya juga harus memberi kontribusi penting dalam meningkatkan nilai-nilai kebangsaan, sehingga dalam kegiatan usaha tetap mengedepankan kepentingan bangsa di atas kepentingan lainnya, khsusunya dalam memajukan perekonomian nasional. Dan pada akhirnya meningkatkan penguatan nilai-nilai kebangsaan dalam mempersatukan Bangsa," ujar Arman Chandra, yang juga Pemimpin Umum Beritasumut.com.
 
Sebagai informasi, Pelatihan Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Pengusaha yang berlangsung 21-27 Oktober 2019 di Lemhannas tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan untuk kelima kalinya.
 
Kegiatan diikuti 102 orang peserta yang terdiri 86 orang laki-laki dan 16 wanita. Peserta berasal dari berbagai daerah antara lain Sumatera Utara, Jabodetabek, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Barat.(rel)

Tag:Arman ChandraKadinLemhannasNilai-Nilai Kebangsaanpilar kebangsaan