Peristiwa

Peringati HUT ke-21, Kabupaten Toba Samosir Akan Ganti Nama


Peringati HUT ke-21, Kabupaten Toba Samosir Akan Ganti Nama
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) ke-21 (9 Maret 1999–9 Maret 2020), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tobasa akan melakukan perubahan nama menjadi Kabupaten Toba. Dalam peringatan ini, akan ada beberapa kegiatan yang diadakan dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat.
 
Hal itu dikatakan Bupati Toba Darwin Siagian yang didampingi Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak, Kadis Kesehatan Juliwan Hutapea di Ruang Panatapan Rumah Dinas Bupati Toba Kompleks Kantor Bupati Toba.
 
Bupati Toba melalui Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus menjelaskan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan sejakn tanggal 9 Maret 2010–14 Maret 2020 mendatang.“Senin tanggal 9 Maret 2020, diadakan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Toba Samosir bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Toba Samosir dengan dengan mengundang tokoh agama, tokoh masyarakat dan Menteri Dalam Negeri, dan setelah paripurna dilanjutkan jamuan makan siang di depan Kantor DPRD,” ujar Sekda Murphy dilansir dari laman tobasamosirkab.go.id, Minggu (08/03/2020).
 
Sedangkan pada Hari Selasa (10/03/2020) diadakan perlombaan renang antar pelajar (Bupati Toba Cup) pukul 08.30 bertempat di kolam renang TB. Center dan pada jam yang sama diadakan lomba dayung di Desa Siregar Aek Nalas memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah.
 
Selanjutnya, Rabu (11/03/2020) persiapan dalam rangka pembuatan stand pameran yang akan diisi OPD, kecamatan, UKM dan lain-lain.Esok harinya tanggal 12 akan dibuka secara resmi di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige.Kamis (12/03/2020) diadakan acara grand opening Hotel Labersa dan direncanakan akan diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Pariwisata dan Wishnutama.“Jam 3 sore selesai dan semua tamu akan berpindah ke Lapangan Sisingamangaraja karena diadakan pembukaan pameran pembangunan dan hiburan rakyat,” sambung Audi.
 
Kemudian Jumat (13/03/2020) jam 7 pagi diadakan senam Germas, pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah. Pukul 11.00 WIB Raja dan Ratu Belanda akan sampai di Bandara Silangit dengan membawa 34 orang jurnalis untuk mempromosikan Danau Toba. Dari Singgolom ke Siambat Dalan–IT.Del–Pelabuhan Balige–Samosir–Hotel Inna Parapat– Kuala Namu–Belanda.
 
Dilanjutkannya pada puncak perayaan yaitu tanggal 14 Maret 2020 diadakan acara seremonial Perayaan Hari Jadi dengan acara pameran pembangunan (defile kecamatan dan OPD), kebaktian bersama dan pembukaan selubung nama Kabupaten Toba.(BS09)
 

Tag:danau tobaKabupaten TobaTobasa