Peristiwa

Peringati 1 Muharram, Pemkab Asahan Gelar Tabligh Akbar


Peringati 1 Muharram, Pemkab Asahan Gelar Tabligh Akbar
BERITASUMUT.COM/IST
Pemkab Asahan saat menggelar Tabligh Akbar.
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar tabligh akbar yang dihadiri ribuat umat islam dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharam 1438 H di Masjid Agung Kisaran, Selasa (11/10/2016).Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Asahan diwakili oleh staf ahli bidang politik dan pemerintahan Sumiran SH, sejumlah pejabat dan kepala dinas.
 
Ketua MUI Kabupaten Asahan, H Abdullah Salman Tanjung MA saat membuka tabligh akbar menyampaikan, bahwa peringatan tahun baru Islam dimaknai sebagai suatu moment intropeksi diri atau mukhasabhah untuk menilai dan menimbang segala amalan-amalan yang telah diperbuat.“Pelaksanaan tabligh akbar ini merupakan kegiatan rutin yang digelar dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1438 H untuk meningkatkan keimanan dan wawasan jemaah tentang ke Islaman,” ujarnya dilansir dari laman resmi asahankab.go.id.
 
Peringatan Tahun Baru Islam 1438 H ini diawali pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Husni Bunayya dan penyampaian taudziah oleh Prof Dr KH Hamdani Anwar MA, Wakil imam besar mesjid Istiqlal Jakarta yang juga guru besar ilmu tafsir UIN Jakarta.
 
Dalam tausiahnya, Hamdani berpesan kepada para jemaah agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT setiap hari."Karenanya Allah seringkali mengingatkan kita saat mengawali membaca Al Quran banyak ayat yang dimulai dengan kalimat Yaa Ayyuhalladzina Amanuu, yang artinya Alllah memerintahkan kepada umat Islam yang beriman untuk melaksanakan perintahnya," ujarnya.
 
Hamdani menambahkan, agar umat Islam meninggalkan kebiasaan ghibah dan diganti dengan tabayyun. Agar umat Islam meninggalkan kebiasaan malas dan diganti dengan sikap aktif dan produktif.Makna lain dari hadirnya tahun baru hijriyah, yaitu agar umat Islam meninggalkan kebiasaan maksiat dan diganti dengan kebiasaan ketaatan.“Meninggalkan kebiasaan membuang uang atau harta secara mubazir, diganti dengan kebiasaan berinfak dan sebagainya yang lebih bermanfaat dan diridohi Allah SWT,” sambungnya.
 
Melalui pergantian tahun dari 1437 H ke 1438 H, Ustad Hamdani Anwar mengajak seluruh umat Islam di Asahan  untuk hijriyah, bergerak bersama, saling bergandeng tangan, bahu membahu dalam membangun kabupaten yang mempunyai visi religius ini.“Termasuk memelihara, menjalankan atau menerapkan nilai-nilai yang Islami dalam aktifitas hidup dan kehidupan kita sehari-hari. Semoga setiap saat kita selalu berusaha mengharapkan Ridha Allah SWT, dengan cara meningkatkan keimanan," ajaknya.(BS02)
 

Tag:Pemkab Asahantabligh akbarTahun baru islam