Jumat, 20 September 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Percepatan Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Labuhanbatu Lakukan Advokasi

Percepatan Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Labuhanbatu Lakukan Advokasi

Minggu, 20 Januari 2019 13:15:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Untuk meningkatkan kepedulian dan mendukung percepatan menuju Kabupaten Layak Anak, Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) lakukan advokasi kabupaten/kota layak anak.
 
Deputi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak bidang tumbuh kembang anak Lenny N Rosalin, SE MSc MFin mengungkapkan, kekuatan untuk menjadikan Kabupaten layak anak harus dimulai dari perencanaan yang matang, lengkap dan canggih. Saat ini percepatan Kabupaten/Kota layak anak sudah ada di 415 Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia.
 
"Kabupaten/Kota layak anak adalah untuk kepentingan daerah itu sendiri, jika ibu bapak tanam anak-anak yang baik, pasti kita akan memanen anak-anak yang baik, masa depan Indonesia ada pada anak-anak kita, saat ini banyak terjadi kekerasan pada anak, anak harus dipenuhi haknya dan dilindungi itu adalah menjadi tugas kita bersama," ujar Lenny dilansir dari laman labuhanbatukab.go.id, Minggu (20/01/2019).
 
Lebih lanjut Lenny menjelaskan, bahwa kiblat bagi seluruh anak di Dunia adalah konvensi hak anak yang terdiri dari lima kluster, yaitu, hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengawasan alternatif, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, terkahir, perlindungan khusus.
 
Sementara itu Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengatakan, Pemkab Labuhanbatu pada tahun 2015 dan 2018 memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten layak anak tingkat pratama, kemudian penghargaan percepatan kepemilikan akte kelahiran dari Kementrian PP dan PA, selanjutnya terbaik 1 penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE).
 
"Dengan semua penghargaan yang telah kita dapatkan, harus dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan, untuk menyongsong menjadi Kabupaten layak anak, langkah kami kedepan adalah membuat inovasi-inovasi yang nantinya dapat terus dinikmati anak cucu kita dimasa depan," kata Andi. 
 
Andi Suhaimi juga menginformasikan, Pemkab Labuhanbatu akan membuat taman dan tempat bermain yang ramah anak, sehingga dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir anak. Jadikan kita sebagai pelopor anak-anak agar bersemangat hidup di Kabupaten Labuhanbatu. "Sebelumnya kita juga telah melakukan penandatanganan MOU dengan Kecamatan dan Desa untuk membuat Kecamatan layak anak dan Desa layak anak, tapi saya tidak tau ini sudah berjalan atau belum, dan untuk penggunaannya, dana Desa juga bisa dialokasikan untuk membuat tempat dan taman yang ramah anak," sebut Plt Bupati. 
 
Di sisi lain, Sekda Ahmad Mulfih SH MM pada ekspose Kabupaten Labuhanbatu layak anak pada intinya memaparkan beberapa pencapaian dan program yang belum terlaksana dari lima kluster konvensi hak anak, untuk selanjutnya di kaji ulang, beberapa indikator-indikator penyebab terjadinya kendala pada pencapaian kluster tersebut.(BS09)
 
T#g:AnakKabupaten Layak AnakPemkab Labuhanbatu
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 6 jam lalu

    Aksi Heroik Prajurit Satgas Yonif 411 Pdw Kostrad Selamatkan Anak Tenggelam di Sungai

    Beritasumut.com-Aksi heroik kembali diperlihatkan oleh prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad Pos Kaliwanggo,

  • 5 hari lalu

    Penanganan Stunting, Tim Monev On Site Langkat Turun Langsung ke Desa dan Puskesmas

    Beritasumut.com-Tim Monev On Site Tahun Anggaran 2019 Evaluasi atas intervensi pencegahan stunting, melanjutkan kunjungnya dengan turun langsung ke

  • satu minggu lalu

    Meriahkan HAN, GOPTKI Gelar Perlombaan antar TK/RA se-Kabupaten Deli Serdang

    Beritasumut.com-Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menggelar beberapa kegiatan perlombaan antar

  • satu minggu lalu

    Polsek Medan Kota Rayakan Tahun Baru Muharam 1441 H Bersama Puluhan Anak Yatim

    Beritasumut.com–Dalam rangka menyambut Tahun baru Islam 10 Muharam 1441 H, Jajaran Keluarga besar Polsek Medan Kota melaksanakan syukuran dan

  • satu minggu lalu

    Atasi Permasalahan Akta Kelahiran, Kemendagri Ciptakan Inovasi Supertajam

    Beritasumut.com-Dengan akta kelahiran, keberadaan dan status hukum seseorang diakui oleh negara. Bisa dibayangkan jika seorang anak tidak memiliki

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.