Selasa, 10 Desember 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Pengusaha Belum Diberitahu Larangan Menaikkan Tarif Angkutan

Pengusaha Belum Diberitahu Larangan Menaikkan Tarif Angkutan

Minggu, 30 Desember 2012 21:40:00
BAGIKAN:
Google

Medan, (beritasumut.com) -- Pengelola angkutan umum AKAP/AKDP di Terminal Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara, mengaku belum menerima surat pemberitahuan dari Dinas Perhubungan Pemko Medan mengenai larangan menaikkan tarif angkutan ke penumpang.

Pihak pengelola mengaku hanya mendapat surat larangan tidak menaikkan tarif angkutan ke penumpang dari Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor Di Jalan (Organda) Sumut saja.

"Kita tidak pernah menerima surat dari Dishub Medan soal larangan menaikkan tarif ini. Kita cuma menerima surat itu dari Organda Sumut saja. Tidak pernah sampai ke kita di sini surat itu," kata Kepala Perwakilan CV Trans Indo Terminal Amplas, Martua Ambarita, Sabtu (29/12/2012).

Kasubdit Kamsel Polda Sumut Kompol Sujarno terkejut mendengar hal itu, apalagi pihaknya bersama Dishub sudah membagikan formulir layanan dan tarif angkutan umum pada mandor dan penumpang. Menurutnya, pengelola Terminal Amplas tidak aktif memberitahukan mengenai larangan menaikan tarif angkutan umum.

"Kenapa petugas di sini banyak yang tidak tahu tugas dan fungsinya. Seharusnya, sudah ada pemberitahuan dari Dishub Medan soal larangan menaikan tarif angkutan ini. Coba nanti, biar saya huhungi langsung Kadishub Medan Pak Renward, ada masalah apa mengapa surat itu belum disampaikan. Tidak bisa seperti ini," ujar Kompol Sujarno.

Sementara, Kabid Perhubungan Darat Dishub Pemprov Sumut Darwin Purba menjelaskan, seluruh mandor dan penanggungjawab angkutan AKAP/AKDP di Terminal Amplas seharusnya memang ada pengawasan dari Dishub Medan untuk tarif angkutan agar tidak naik. Untuk itu dimintanya, Kepala Terminal Amplas harus melakukan koordinasi dengan Dishub Kota Medan.

Selain masalah surat pemberitahuan tersebut, menurutnya pos pelayanan pemeriksaan kelengkapan kendaraan dan sopir sedang tidak beroperasi dan kosong. Apalagi, keberadaan Kepala Terminal Amplas sering tidak berada di tempat dengan alasan ada pertemuan dengan Kadishub Kota Medan di Kantor Dishub Medan.

Terpisah, Kadishub Pemko Medan Renward Parapat yang dikonfirmasi mengakui memang tidak ada surat pemberitahuan larangan menaikan tarif dari Dishub Medan. Untuk pengawasan tarif AKAP dan AKDP dilakukan langsung oleh Dishub Pemprov Sumut.

"Tidak ada surat dari kita. Surat itu pemberitahuan dari Organda Sumut saja. Tidak ada dari kita. Coba tanyakan saja langsung pada Dishub Sumut. Karena memang AKAP/AKDP itu tanggungjawab dari Dishub Sumut bukan di Dishub Kota Medan. Coba kordinasikan saja dengan Dishub Sumut," tegasnya. (BS-024)
T#g:Organda
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 2 tahun lalu

    Organda Mengaku Dukung BRT, Ini Syaratnya

    Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko) Medan saat ini tengah fokus menggarap proyek transportasi massal seperti BRT (Bus Rapid Trans) dan LRT (Lig

  • 3 tahun lalu

    Karena Suami Tak Berkabar, Proses Hukum IRT Tewas Ditembak Tertunda

    Beritasumut.com-Para kerabat dan tetangga dari Indri Wahyuni (27), Ibu Rumah Tangga (IRT) yang tewas ditembak pelaku bersenjata di kediamannya Jala

  • 3 tahun lalu

    Indri Tewas Ditembak OTK di Depan Rumahnya di Komplek Torganda Medan Tuntungan

    Beritasumut.com-Indri Wahyuni (27) ditembak oleh Orang Tak Dikenal (OTK) di depan rumahnya, di Komplek Torganda Blok E No 21, Kelurahan Tanjung Sel

  • 3 tahun lalu

    Sempat Ditunda, Penerbangan Tujuan Bandara Silangit Kembali Normal

    Beritasumut.com-Meski sempat ditunda dan ada gangguan, penerbangan tujuan ke Bandara Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanulis Uta

  • 3 tahun lalu

    IMM Desak Kapolda Sumut Mundur

    Beritasumut.com-Ketua Umum PC IMM Tapsel Sidimpuan, Zulham Hidayah Pardede menyatakan kekecewaanya terhadap kinerja Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.