Peristiwa

Pengurus PD MABMI Asahan Dilantik, Bupati Berharap Bantu Pemerintah Majukan Kebudayaan di Asahan


Pengurus PD MABMI Asahan Dilantik, Bupati Berharap Bantu Pemerintah Majukan Kebudayaan di Asahan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) melantik PD MAMBI Kabupaten Asahan periode 2019-2023 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan. Hadir dalam pelantikan ini, Bupati Asahan H Surya BSc, Ketua DPRD Asahan, Dandim 0208 Asahan, perwakilan Pengadilan Agama Kisaran, Kakankemenag Asahan, Perwakilan Kajari Asahan, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) MABMI Dato Seri H Syamsul Arifin SE, OPD, OKP, Ketua Etnis dan tamu undangan Lainnya.
 
Ketua Panitia Tuan H Syamsuddin dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Unsur Forkopimda Asahan yang telah membantu kegiatan pelantikan PD MABMI Asahan. Syamsuddin juga menekankan jika pihaknya akan mendukung setiap program, visi dan misi Pemkab Asahan.“Kami PD MABMI Asahan akan mendukung setiap program, visi dan misi Pemerintah Kab. Asahan," ujarnya dilansir dari laman asahankab.go.id, Minggu (03/11/2019).
 
Ketua MABMI Asahan Hayatsyah mengatakan PD MABMI Asahan akan membesarkan nama PD MABMI Asahan dan akan bersinergi dengan Pemkab Asahan dalam membangun serta melestarikan seni budaya melayu yang ada di Asahan. "Semoga apa yang menjadi cita-cita, keinginan dan harapan Bupati Asahan dapat di jabah oleh Allah SWT," ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Umum PB MABMI Dato Seri Syamsul Arifin berhara kepada PD MABMI Asahan yang baru dilantik agar dapat terus menjalin silaturahmi dan bersinergi dengan Pemkab Asahan dalam membangun Kab. Asahan. "Saya memiliki tujuan untuk memajukan dan melestarikan budaya melayu di wilayah Indonesia," jelasnya.
 
Bupati Asahan H Surya berharap pengurus yang baru dilantik dapat membantu pemerintah dalam memajukan kebudayaan di Kabupaten Asahan sesuai dengan amanat Undang-undang NO 5 Tahun 2017 yang mengatakan pemajuan kebudayaan adalah tanggung jawab bersama oleh pemerintah maupun masyarakat secara pribadi maupun kelompok.
 
"Kami selaku Pemerintah Kab. Asahan akan terus menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di Kab. Asahan, karena dengan seni budaya ini kita dapat mempersatukan masyarakat di Kab. Asahan.Seni budaya itu merupakan peninggalan dari nenek moyang kita yang harus dijaga kelestariannya," terang Bupati.
 
Untuk melestarikan seni budaya, lanjutnya, Pemkab Asahan membuat suata program kegiatan PSBD yang mana program kegiatan PSBD ini dilaksanakan 2 tahun sekali, pada PSBD ini seluruh etnis yang ada di Kab. Asahan berkumpul untuk menampilkan seni budaya yang dimiliki dan disaksikan oleh masyarakat Kab. Asahan.(BS09)

Tag:AsahanMABMIMelayu