Minggu, 20 Oktober 2019
  • Home
  • Peristiwa
  • Pengadilan Negeri Stabat Gelar Sidang Penjualan Harimau Sumatera

Pengadilan Negeri Stabat Gelar Sidang Penjualan Harimau Sumatera

Jumat, 05 Agustus 2016 23:40:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS08
Barang bukti, tulang dan kulit Harimau Sumatera
Beritasumut.com-Pengadilan Negeri Stabat menggelar sidang perdana kasus penjualan hewan dilindungi, Harimau Sumatera, di ruang sidang Pengadilan Negeri Stabat, Kabupaten Langkat, Jum'at (05/08/2016).
 
Sebanyak 3 orang terdakwa dihadirkan dalam sidang ini. Mereka adalah Hendra Tarigan, Dedes Sembiring, dan Dedek Lesmana. Ketiga tersangka ini mengikuti proses hukum tanpa pendampingan dari penasehat hukumnya.
 
Dalam sidang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Aurora SH, materi sidang beragendakan tentang surat dakwaan dari jaksa penuntut umum. Dalam dakwaannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Syahrizal SH, menyatakan ketiga terdakwa tertangkap tangan akan menjual kulit harimau dan tulangnya.
 
"Ketiga terdakwa ditangkap petugas balai besar Taman Negara Gunung Leuser (TNGL) dan petugas Polres Langkat, saat akan menjual kulit harimau dan tulang belakangnya pada 25 Mei 2016 lalu. Ketiganya melanggar undang-undang lingkungan hidup dan keragaman hayati dengan memiliki, menguasai dan menjual hewan yang dilindungi" tuntut JPU Syahrizal SH.
 
Untuk itu, Ketua Majelis Hakim memutuskan, sidang akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan keterangan terdakwa.
 
Sebelumnya, tiga orang yang akan menjual kulit Harimau Sumatera, ditangkap di balai besar TNGL dan polisi langkat, saat akan menjual kulit harimau dan tulangnya seharga 42 juta. Polisi dan petugas balai besar TNGL yang menyamar sebagai pembeli, kemudian menangkap ketiganya di pinggir hutan TNGL.
 
Saat ditangkap, ketiganya mengaku hanya sebagai perantara penjual, sedangkan yang menangkap, menjerat, dan membunuh Harimau Sumatera tersebut adalah seseorang yang bernama Hendrik yang hingga kini masih buron. (BS08)
 
T#g:
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 24 jam lalu

    Bupati Langkat Harapkan Forum Bumdes Tingkatkan PADesa

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten III Umum Musti, membuka acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Klaster Langkat

  • 3 hari lalu

    Polres Langkat Bekuk 15 Pelaku Curanmor, Curas dan Curat

    Beritasumut.com–Satuan Reserse Kriminal Polres Langkat berhasil membekuk 15 pelaku kejahatan berupa pencurian sepeda motor, pencurian dengan

  • 4 hari lalu

    Bupati Langkat Serahkan Tali Asih Kepada 214 Bilal Mayit di Langkat Hulu

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Bapak Terbit Rencana Perangin Angin memberikan tali asih kepada Bilal Mayit Kabupaten Langkat se- Langkat Hulu, bert

  • 4 hari lalu

    Pemkab Langkat Gelar Pelatihan LKM Bumdes dan Koperasi

    Beritasumut.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten II Ekbangsos Hermansyah membuka  pelatihan manajemen akutansi dan pembukuan L

  • 5 hari lalu

    Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera Diguncang Gempa

    Beritasumut.com-Wilayah Samudera Hindia Pantai Barat di Sumatera diguncang oleh gempa bumi tektonik berkekuatan M=5,9 Selasa (15/10/2019) pukul 05.

  • Copyright © 2010 - 2019 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.