Peristiwa

Penanggulangan Bencana, BPBD Kota Medan Nyatakan Siap Dukung dan Bersinergi

Penanggulangan Bencana, BPBD Kota Medan Nyatakan Siap Dukung dan Bersinergi
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kota (Pemko Medan) Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan mengaku siap mendukung dan bersinergi dengan satuan lainya dalam melakukan penanggulangan bencana di wilayah Sumut khususnya Kota Medan. Kesiapan ini diungkapkan Plt Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi, diwakili Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring SSos MSP, usai menghadiri apel kesiapansiagaan penanggulangan bencana tahun 2020 di wilayah Sumut yang diadakan di Lapangan KS Tubun Mapoldasu, Rabu (15/01/2020).
 
Dalam apel yang dipimpin langsung oleh Kapoldasu Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi, seluruh personil beserta peralatan yang dimiliki diperiksa untuk melihat sejauh mana kesiapan personil dalam menghadapi bilamana terjadinya bencana di wilayah Sumut.
 
Untuk itulah melihat jumlah personil dan peralatan yang di miliki BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring meyakinin pihaknya dapat membantu dalam melakukan penanggulangan bencana apabila terjadi. "Dengan personil dan peralatan yang tersedia, kapan pun kami siap diterjunkan untuk melakukan penanggulangan bencana," ungkap Kepala BPBD Kota Medan, dilansir dari Pemkomedan.go.id, Rabu (15/01/2020).
 
Sebelumnya, Kapolda Sumut dalam amanatnya mengatakan, apel ini digelar dalam rangka penanggulangan bencana tahun 2020 dengan sandi "Operasi Kepolisian Aman Nusa Dua". Sebagaimana diketahui, sebutnya, saat ini telah memasuki musim penghujan dan hasil perkiraan cuaca dari BMKG mengatakan bahwa akhir bulan Januari ataupun Februari memasuki puncak musim penghujan untuk tahun 2020.
 
Untuk itulah, seluruh satuan yang ada di Provinsi Sumatera Utara diharapkan untuk siap mengatasi kemungkinan terjadinya bencana di wilayah Sumut. "Kesiapan ini tentunya menyangkut kesiapan personil dan sumber daya yang dimiliki yang akan di gunakan untuk memberikan pertolongan dan bantuan kepada masyarakat apabila terjadi bencana di seluruh wilayah Sumut," kata Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi.
 
Kapolda Sumut juga meminta agar setiap satuan senantiasa dilatih dalam menggunakan setiap peralatan yang digunakan sehingga apabila bencana tersebut terjadi seluruh personil sudah siap dan mahir dalam menggunakan peralatan yang diawakinnya. "Dalam situasi bencana maka akan timbul rasa kepanikan, oleh karenanya dalam situasi tersebut saudara tidak bisa lagi meminta petunjuk dari orang lain. Jadi harus dilatih dari sekarang, sehingga mahir dalam menggunakan peralatan yang ada. Selain itu setiap personil juga harus senantiasa menjaga kesehatanya karena apabila tidak sehat, bagaimana bisa membantu orang lain," pesannya.
 
Melalui apel bersama ini, Kapoda Sumut berharap seluruh satuan baik itu Pemerintah Daerah, TNI dan Polri dapat terus berkoordinasi karena dalam menghadapi bencana tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri. "Saya berharap kita semua dapat terus berkoordinasi karena dalam menghadapi bencana kita tidak dapat bekerja sendiri-sendiri, kita harus terus bekerjasama," harapnya. (BS09)