Minggu, 18 Februari 2018
  • Home
  • Peristiwa
  • Pemprovsu Inginkan Kerjasama Mitigasi Berbasis IT dengan Jepang
pilkada beritasumut.com

Pemprovsu Inginkan Kerjasama Mitigasi Berbasis IT dengan Jepang

Sabtu, 02 Desember 2017 21:30:00
BAGIKAN:
BERITASUMUT.COM/BS03
Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyebutkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menginginkan kerjasama mitigasi berbasis Informasi Teknologi (IT) dengan Pemerintah Jepang.
 
"Kita menginginkan adanya kerjasama mitigasi dengan Pemerintah Jepang dalam waktu dekat," ujar Gubsu usai pertemuan Studi Kebencanaan di kantor Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata (MLIT), Biro Pembangunan Daerah Kanto, Tone River Water System Sabo Office dibawah kaki Gunung Asama Volcano, Jepang, 145 km dari Kota Tokyo, Sabtu (02/12/2017).
 
Gubsu didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu dan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk. Ikut juga Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis dan Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring menyebutkan kerjasama ini penting dan harus ditindaklanjuti untuk mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat yang berada pada kawasan rawan bencana."Kita sama-sama mengetahui bahwa Jepang dan Sumut merupakan daerah rawan bencana," tutur Gubsu.
 
Gubsu menerangkan, jika di Sumut terdapat gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini yakni Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.
"Tidak hanya bencana letusan gunung berapi, Sumut memiliki risiko tinggi untuk terpapar dan terkena bencana alam lainnya seperti banjir, longsor dan gempa," jelas Gubsu.
 
Lebih jauh Gubsu melanjutkan, bahwa seluruh daerah di Jepang yang merupakan titik rawan bencana dipantau langsung CCTV dan dikontrol melalui command center. "Deteksi dini dengan penerapan teknologi canggih di Jepang ini sebagai upaya mengurangi jumlah korban akibat bencana," terangnya.
 
Untuk itu, Pemprovsu mengambil sikap dengan memprioritaskan program pengurangan resiko bencana diantaranya penguatan kelembagaan khususnya organisasi perangkat daerah yang mengurus kebencanaan dan pengintegrasian pengurangan risiko ke dalam rencana tata ruang wilayah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).
 
"Kami bersama Bupati dan Walikota saling ingat-mengingatkan bahwa urusan penanggulangan bencana harus menjadi urusan strategis dan prioritas dalam perencanaan dan anggaran Pemda. Hal itu dalam upaya mengantisipasi dan meminimalisir penderitaan rakyat akibat bencana, juga meminimalisir jatuhnya perekonomian yang telah dibangun berpuluh-puluh tahun," paparnya.
 
Dalam pertemuan itu pemerintah Jepang diwakili Deputy Director General Global ICT Strategy Bureau Ministry of Internal Affairs and Comminucations, Yasufumi Tsubaki. Yasufumi menyambut baik kerjasama tersebut nantinya. (BS03)
 
T#g:Bencanagunung apiGunung SinabungPemprovsuJepang
ceritasumut.com
  komentar Pembaca
  Berita Terkait
  • 4 hari lalu

    77 Kades di Deli Serdang Dilantik, Gubsu Serahkan Bantuan 105 Sepeda Motor

    Beritasumut.com-Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan melantik 77 Kepala Desa (Kades) yang terpilih tahun 2017 lalu di Alun-alun Kota Lubuk Pakam, Ka

  • 5 hari lalu

    Pemprovsu Persiapkan Regulasi Tingkatkan Kepesertaan JKN

    Beritasumut.com-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Tengku Erry Nuradi mengaku akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) untuk mendorong Pemerint

  • 5 hari lalu

    Karantina Ikan Bandara Kualanamu Segera Miliki Sistem Tercanggih di Indonesia

    Beritasumut.com-Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) di Bandara Kualanamu segera miliki sistem canggih berbasis X Ray dan Warehouse. Sist

  • 6 hari lalu

    Tiga Rumah di Lampung Timur Rusak Akibat Angin Puting Beliung

    Beritasumut.com-Hujan deras disertai dengan petir dan angin puting beliung kembali menerjang sebagian wilayah Kabupaten Lampung Timur, tepatnya di

  • satu minggu lalu

    Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Banjarnegara Ditutup Total

    Beritasumut.com-Hujan deras yang berlangsung sejak Kamis (8/2/2018) hingga Jumat (9/2/2018) dini hari telah menyebabkan longsor. Longsor menimbun r

  • Copyright © 2010 - 2018 Portal Berita Sumatera Utara. All Rights Reserved.