Peristiwa

Pemko Medan Gelar Seminar Prahasil Kebutuhan dan Pemanfaatan Fasilitas Umum


Pemko Medan Gelar Seminar Prahasil Kebutuhan dan Pemanfaatan Fasilitas Umum
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Pemko Medan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) mengadakan Seminar Prahasil Kegiatan Kajian Kebutuhan dan Pemanfaatan Fasilitas Umum, Rabu (20/11/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balitbang Medan, Farid Wajedi diwakili Sekretaris Balitbang Siti Maharani Hasibuan dihadiri Kabid Ekonomi dan Pembangunan Dr Nur Aisyah M Kes, Kabid Sosial dan Kependudukan Balitbang Bahrian Effendi SSos MSi., segenap perwakilan Organisasi Perangkat Daerah. Dalam seminar prahasil ini, tim peneliti yang diketuai Cut Nuraini dengan beranggotakan Husni Thamrin dan Meyga Fitri Handayani mempresentasikan berbagai hal yang berkaitan dengan penelitian.

Di hadapan peserta seminar prahasil, Cut Nuraini menyampaikan, penelitian ini antara lain untuk mengetahui persepsi masyarakat pengguna terhadap jalur pejalan kaki di Medan, menghimpun masukan dari para pengguna bagi masyarakat dan Pemko Medan terkait kebutuhan dan pemanfaatan jalur pejalan kaki, upaya menertibkan pengguna jalur pejalan kaki, dan menemukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat Perda mengenai jalur pejalan kaki.

Dia memaparkan, hasil penelitian ini akan menggambarkan secara objektif kondisi, ketersedian, pemanfaatan, dan skala kebutuhan jalur pejalan kaki. Sedangkan zona yang diteliti ada tiga yakni Kecamatan Medan Maimun, Medan Barat, dan Medan Kota. Dalam penelitian ini, lanjutnya, juga dilakukan pekerjaan identifikasi awal data pengguna jalur pejalan kaki di ketiga zona, mengumpulkan data terkait persepsi pengguna terhadap kebutuhan dan pemanfaatan jalur pejalan kaki di tiga zona kasus penelitian melalui observasi langsung ke lapangan dan penyebaran angket.

Setelah itu, tambahnya, peneliti akan menganalisis temuan lapangan dengan menggunakan skala Likert, menginterprestasi data, lalu menyusun laporan serta memberikan rekomendasi.(BS09)

 


Tag:fasilitas umumPemko Medan