Peristiwa

Pemko Medan Buka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XX


Pemko Medan Buka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XX
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kota Medan, diwakili Asisten Administrasi Umum Renward Parapat ATD MT, secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan XX tahun 2019, di Gedung P4TK Jalan Setia Budi, Kota Medan, Selasa (02/07/2019). Pembukaan pendidikan dan pelatihan ini ditandai dengan pernyataan pembukaan yang disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta.
 
Dalam sambutan Walikota Medan, yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Renward Parapat, mengatakan banyak orang yang menganggap pekerjaan birokrasi hanya merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan berulang-ulang, dan hanya menjalankan fungsi dasar penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelayanan publik. "Padahal dibalik itu, ada banyak tuntutan dan tanggung jawab besar yang diemban sebagai seorang aparatur abdi negara sekaligus pelayan masyarakat," ujarnya dilansir dari Pemkomedan.go.id, Selasa (02/07/2019).
 
Untuk menjawab tantangan tersebut, sambung Renward, aparatur abdi negara dituntut untuk selalu bisa menyediakan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang profesional, cepat ringkas, transparan, akuntabel, inovatif, dan berbasis IT sehingga diharapkan secepat mungkin mampu menjawab berbagai kebutuhan masyarakat. "Sebagai seorang aparatur yang telah diamanatkan jabatan struktural, saudara minimal harus memiliki kemampuan manajerial yang baik, jangan sampai kinerja saudara tidak lebih baik dari kinerja staf non jabatan," imbuhnya.
 
Karena itu, para peserta diklat dituntut harus mampu merencanakan, menargetkan, melaksanakan serta menghasilkan output kinerja yang jelas dan terukur serta mampu mengayomi staff di lingkungan jabatan masing-masing. "Saudara juga harus mampu membuktikan diri bahwa keberadaan saudara di posisi jabatan struktural dapat memberikan manfaat untuk mendukung optimalisasi kinerja atasan serta bidang dan unit kerja masing-masing," pesan Renward.
 
Di akhir sambutan, Renward mengucapkan selamat mengikuti diklat kepemimpinan tingkat IV "semoga setelah menyelesaikan diklat saudara dapat menjadi aparatur yang semakin baik, semakin memahami tugas, fungsi dan tanggung jawab sehingga nantinya saudara membawa modal yang besar dalam membantu meningkatkan kualitas kinerja pemerintahan daerah," pungkasnya. Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV ini diikuti sebanyak 30 peserta, dimulai dari 2 Juli hingga 16 Oktober 2019. (BS09)

Tag:P4TK MedanPelatihan KepemimpinanPemko MedanRenward ParapatWalikota Medan